Sat. Jul 27th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Anambas Jadi Kawasan Wisata Laut Nasional, Menhub Resmikan Bandara Letung

2 min read

menteri perhubungan dijadwalkan hari ini, senin (14/10/2019) meresmikan bandara letung di kabupaten anambas menyusul statusnya sebagai kawasan wisata laut nasional/foto via kumparan.com

Anambas Jadi Kawasan Wisata Laut Nasional, Menhub Resmikan Bandara Letung

angkaberita.id – Bandara Letung di Kabupaten Anambas segera resmi beroperasi. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dijadwalkan meresmikannya, Senin (14/10/2019).

Bandara Letung diharapkan mendongkrak kunjungan wisatawan ke kabupaten tapal batas utara negeri itu. “Selepas dari kegiatan di Danau Toba Menhub akan menunjuk ke Kepulauan Anambas untuk meresmikan Bandara Letung” ungkap Hengki Angkasawan, Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub RI, seperti dilansir detik.com, Minggu (13/10/2019).

Peresmian seiring penetapan Kabupaten Anambas sebagai kawasan wisata laut nasional. Selain dari Batam, rute penerbangan ke Letung juga dari Tanjungpinang menumpang Wings Air. Dengan jadwal seminggu sekali dari Tanjungpinang, dan empat kali seminggu dari Batam.

Bandara Letung berlokasi di Kecamatan Jemaja Timur, dengan panjang landas pacu 1.400 meter x 30 meter, jalur landas pacu ke apron (taxiway) 125 meter x 15 meter, dan apron seluas 125 meter x 70 meter.

Berdasarkan data BPS Kepri, Bandara Hang Nadim di Batam masih menjadi tujuan utama pengguna moda transportasi udara di penjuru tanah ke Kepri. Bandara Raja Haji Fisabilillah di Tanjungpinang mengekor di urutan kedua berdasarkan jumlah penumpang sepanjang tahun 2018.

Berdasarkan jumlah penumpang datang, Bandara Hang Nadim sebanyak 2.712. 288 orang, dengan jumlah jumlah pesawat datang sebanyak 20.345 pesawat selama tahun 2018.

Dalam laporan bertajuk Statistik Angkutan Udara dan Angkutan Laut Provinsi Kepulauan Riau 2018, Bandara Raja Haji Fisabilillah di Tanjungpinang mengekor di urutan kedua sebanyak 2.372 penerbangan tiba, dengan jumlah penumpang datang 191.900 orang.

Bandara Letung di Anambas di urutan selanjutnya dengan jumlah penumpang datang sebanyak 2.870 orang, dengan penerbangan tiba sebanyak 75 pesawat. (*)

Bagikan