Thu. Sep 24th, 2020

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Cagar Budaya: Yogyakarta Paling Banyak di Tanah Air, Kepri Terbanyak Kedua di Sumatera

2 min read
istana kotapiring di tanjungpinang merupakan satu dari 178 cagar budaya di kepri berdasarkan data statistik kebudayaan 2019/foto via situsbudaya.id

Cagar Budaya: Yogyakarta Paling Banyak di Tanah Air, Kepri Terbanyak Kedua di Sumatera

angkaberita.id – Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan daerah dengan jumlah cagar budaya terbanyak di tanah air. Di sini terdapat 535 cagar budaya, Provinsi Jawa Tengah menyusul di urutan kedua sebanyak 397 lokasi.

Sedangkan Provinsi Nusa Tenggara Timur paling sedikit, yakni hanya 3 cagar budaya. Namun posisinya lebih baik dibanding tiga provinsi lainnya, yakni Kalimantan Utara, Sulawesi Barat dan Papua Barat. Kenapa?

Karena tiga provinsi terakhir, berdasarkan data Statistik Kebudayaan 2019, tidak memiliki sama sekali cagar budaya. Sedangkan jumlah museum di tanah air, terbanyak di Provinsi DKI Jakarta sebanyak 64.

Paling terkenal tentu saja Museum Nasional alias Monas, yang beberapa pekan terakhir sempat viral lantaran banyak dijadikan meme di media sosial seiring keputusan pemerintah memindahkan ibukota negara ke Kalimantan Timur.

Provinsi Jawa Tengah memiliki koleksi museum terbanyak ke-2 secara nasional, sebanyak 54 museum. Paling sedikit di Provinsi Papua Barat dan Provinsi Gorontalo, masing-masing satu museum. Lalu bagaimana Kepri?

Di level Sumatera, Kepri termasuk kaya dengan situs budaya meskipun terbatas jumlah museumnya. Bahkan, jumlah cagar budaya di Kepri kedua terbanyak di Sumatera, sedikit di bawah cagar budaya di Sumatera Barat. Kepri memiliki 173 cagar budaya, Sumatera Barat sebanyak 181.

Di Kepri, 52 cagar budaya di antara berada di Tanjungpinang. Selanjutnya Bengkulu dengan 58 cagar budaya. Sumatera Utara dan Aceh menyusul di urutan selanjutnya, masing-masing dengan 33 cagar budaya. Riau, Bangka Belitung dan Jambi menyusul di urutan berikutnya dengan 25, 21 dan 20 cagar budaya.

Sumatera Selatan dan Lampung bersanding di urutan ke-9 dan ke-10, masing-masing, dengan 9 dan 7 cagar budaya. Bagaimana dengan museum?

Mengutip data Statistik Kebudayaan 2019 terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, jumlah museum terbanyak di Sumatera terdapat di Sumatera Utara dan Sumatera Barat, masing-masing, 18 museum.

Kemudian Aceh dan Riau, masing-masing, sebanyak 9 museum. Berikutnya Sumatera Selatan dan Jambi, yakni 7 dan 5. Jambi dikenal dengan Museum Seginjai. Urutan selanjutnya, dengan jumlah sama persis, yakni Bangka Belitung dan Kepulauan Riau, sama-sama 3 museum.

Di Tanjungpinang semisal, Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah. Paling sedikit memiliki museum di Sumatera ialah Bengkulu dan Lampung, masing-masing, 2 museum. (*)

Bagikan