Sat. Aug 15th, 2020

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Berbahan Stainless Steel, Bow Orion Kapal Tanker Pengangkut Bahan Kimia Terbesar di Dunia

1 min read
kapal tanker khusus pengangkut bahan kimia bow orion milik operator kapal norwegia buatan galangan kapal hudong di china/foto via worldmaritimenews.com

Berbahan Stainless Steel, Bow Orion Kapal Tanker Pengangkut Bahan Kimia Terbesar di Dunia

angkaberita.id – Kapal tanker stainless steel pengangkut khusus bahan kimia terbesar di dunia telah diserahkan ke pemesannya. Odfjell, operator sekaligus pemilik kapal tanker itu, telah menerima kapal dari galangan kapal Hudong-Zhonghua di China.

Kapal tanker dengan nama lambung Bow Orion diserahkan pada 26 Agustus silam. Kapal ini diklaim pemiliknya, sebagai kapal tanker terbesar di dunia di kelasnya. Pelayaran perdana dilakukan dua hari setelah penyerahan dengan rute pertama ialah Ulsan, Korea Selatan sekaligus menjadi pengangkutan pertama.

Dikutip dari worldmaritimenews, Odfjell mengklaim kapal seberat 49.000 DWT dengan 33 tanki kargo berbahan stainless steel duplex, berkapasitas 55.000 meter kubik lebih hemat bahan bakarnya, sekitar 14 persen lebih hemat dibanding kapal sejenisnya.

Kapal tanker Bow Orion dan Bow Olympus, baru Juli lalu diresmikan penamaannya, merupakan satu dari dua kapal tanker buatan galangan kapal China yang telah diserahkan ke pemesannya. Selain kapal tanker itu, Odfjell juga memesan satu kapal lagi dengan bobot 38.000 DWT dari galangan kapal sama.

Total empat kapal dipesan Odfjell dari galangan kapal Hudong, dan dijadwalkan semuanya diserahkan terakhir pada pertengahan tahun 2020. Kapal memiliki panjang 82,88 meter, lebar 32,2 meter dan kedalaman lunas 11 meter.

proses penamaan kapal tanker pengangkut khusus bahan kimia bow orion milik perusahaan kapal tanker odfjell dari norwegia setelah menerima kapal dari galangan kapal hudong/foto via odjfell.vom

(*)

Bagikan