Thu. Dec 2nd, 2021

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Ke Singapura? Inilah 8 Fakta Mengejutkan Negeri Singa, Lagu Kebangsaan di Mata Uang

3 min read

merlion, ikon singapura. selain merupakan negara berpendapatan perkapita tertinggi di dunia, singapura juga surganya pajak orang kaya di dunia/foto via singaporetravellers.info

Ke Singapura? Inilah 8 Fakta Mengejutkan Negeri Singa, Lagu Kebangsaan di Mata Uang

angkaberita.id – Jangan ngaku sering ke Singapura jika belum tahu seluk beluk mengejutkan seputar Negeri Singa berikut ini. Berdasarkan riset worldatlas, sekurangnya terdapat 8 fakta mengejutkan terkait Singapura, negeri sepelemparan batu dari Kota Batam.

Tak ada keraguaan, Singapura merupakan negara maju. Berlokasi antara Malaysia dan Indonesia, Singapura terdiri 63 pulau, termasuk pulau daratan utama. Selain maju, Singapura juga dikenal pemerintahannya terbilang belum tercemar parah kasus korupsi.

Berikut delapan fakta mengejutkan Negeri Singa

(1) Lagu Kebangsaan Terdapat di Mata Uang

Lagu Kebangsaan Singapura, Majulah Singapura, diciptakan Zubir Said tahun 1958, dan resmi diadopsi sebagai lagu kebangsaan pada 1965 setelah Singapura resmi berpisah dari Malaysia. Seluruh lirik lagu ini dicetak berupa microprint di bagian belakang uang pecahan 1000 dolar Singapura.

(2) Satu Sari Tiga Negara Kota di Dunia

Singapura merupakan satu dari tiga kota sekaligus berstatus negara. Selain Singapura, dunia mengenal Monaco dan Kota Vatikan di Italia. Kendati demikian, sejumlah negara lantaran luasannya tidak begitu besar kadang juga dimasukkan dalam kelompok ini, semisal San Marino, Bahrain, Brunei, Malta dan sebagainya.

(3) Orang Singapura Pejalan Kaki Tercepat di Jagat

Kenapa orang Singapura dikenal sebagai pejalan kaki tercepat di jagat? Tentu lantaran para pejalan kaki di Singapura sangat cepat jalannya. Bayangkan, rata-rata pejalan kaki di sini hanya perlu waktu 10,55 detik untuk jarak sejauh 18 meter atau 60 kaki.

Kendati bagus bagi warga, semisal kesehatan, namun psikolog justru mengkhawatirkannya. Apalagi, merujuk studi terbaru, kini rata-rata kecepatan berjalan orang di sekujur dunia cenderung kian cepat sepanjang 10 tahun terakhir.

Itu artinya, saking sibuknya urusan dunia, orang kini cenderung berlari guna mengejar urusannya, bahkan tak sempat lagi tengok kanan kiri.

(4) Singapura Memiliki Pohon Buatan Berttenaga Matahari

Singapura dikenal inovatif dalam mengembangkan perkotaannya, termasuk mengadopsi teknologi hijau. Bandara Changi merupakan contoh paling kasat mata, termasuk terminal 5 yang dalam proses pembangunan, benar-benar mengadopsi teknologi ramah lingkungan.

The Gardens semisal, kawasan seluas 250 hektare dekat The Bay, merupakan proyek lanskap Singapira paling terkenal lantaran hadirnya pohon buatan raksan bertenaga surya. Lokasinya persis di taman Bay South. Total ada 18 pohon seperti ini, semuanya tumbuh menjulang tinggi.

Tak sekadar menjadi ikon, ternyata pohon raksasa buatan itu juga difungsikan sebagai penggerak tenaga surya sekaligus pengumpul air hujan sekaligus menjadi cadang air buat kawasan lanskap sekitar.

(5) Permen Karet Termasuk Pelanggaran Hukum

Demi memastikan warganya disiplin dan bersikap bersih, termasuk saat berada di ruang publik, Singapura melarang permen karet. Kecuali alasan media, mengunyah permen karet merupakan pelanggaran hukum. Selain permen karet, meludah, kencing dan buang ingus sembarangan juga termasuk melanggar hukum.

(6) Kuil Bagi Gadis Jerman

Di Pulau Ubi, suatu pulau kecil lepas pantai daratan Singapura, terdapat kuil misterius bernama Kuil Gadis Jerman. Bentuknya berupa pondok dengan altar berisi lipstik, sisir, pewaran kuku dan sebagainya.

Sesaji itu disajikan buat satu boneka dalam kota. Boneka itu mewakili gadis Jerman dimaksud. Konon, gadis Jerman itu benar-benar ada dan tinggal di pulau itu sebelum perang dunia pertama.

Kabarnya, gadis itu kabur dari pulau saat Inggris menyerbu masuk, namun tewas terjatuh dari tebing saat hendak menyelamatkan diri. Penduduk sekitar menemukannya dan menguburkannya di dekat lokasi itu.

(7) Balapan F1 Malam Hari

Berbeda dengan hajatan F1 di negara lain, semisal Monaco, lomba adu cepat jet darat di Singapura dihelat malam hari kali pertama di Sirkuit Jalan Marina Bay.

(8) Negeri Tajir Sekaligus Surga Pajak

Selain berstatus negara berpendapatan tinggi di dunia, Singapura juga dikenal ramah teknologi. Selain itu, juga dikenal sebagai negara dengan biaya hidup termahal di dunia, kendati juga termasuk negara paling aman di dunia, termasuk aman dari kejaran kantor pajak dari berbagai penjuru dunia alias negeri surga pajak (tax haven) dunia. (*)

Bagikan