free page hit counter
Sat. Sep 21st, 2019

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Final Liga Champions 2019, Inilah Fakta-fakta Liverpool dan Tottenham Hotspur (2)

2 min read
Mohamed Salah, pemain asal Mesir, dua musim terakhir menjadi pemain kunci Liverpool sejak ditangani Juergen Klopp asal Jerman. duel kontra Tottenham di final Liga Champions menjadi kesempatan dirinya memperpanjang rekor kemenangan Si Merah atas Si Putih/foto via premierleague.com

Final Liga Champions 2019, Inilah Fakta-fakta Liverpool dan Tottenham Hotspur (2)

angkaberita.id – Sejarah duel Liverpool kontra Tottenham Hotspur jejaknya telah lama, bukan hanya di Liga Inggris namun juga di level eropa. Total keduanya, Si Merah dan Si Putih julukan akrab Liverpool dan Hotspur, telah bertarung sebanyak 170 kali di semua kompetisi.

Bagaimana statistik pertemuan keduanya? Mantan klub legenda sepakbola asal Wales: Kenny Dalglish dan Ian Rush, serta kiper nyentrik benua Afrika si Bruce Grobbelaar, ini secara keseluruhan masih unggul dibanding klub ibukota Inggris.

Berikut fakta-faktanya kami sarikan dari laman UEFA berikut ini:

• Di level eropa, kedua pernah sekali berhadapan saat semi final Piala UEFA, kini Liga Eropa, tahun 1972/1973. Liverpool saat itu menang berkat gol tandang setelah hasil akhir imbang 2-2.

Berkat gol-gol, Alec Lindsay di Anfield dan Steve Heighway di White Hart Lane, markas Hotspur. Balasan Tottenham lewat dua gol Martin Peters di kandang. Namun Liverpool yang berhak mengangkat tropi.

(Sekadar informasi, di level Eropa selain Liga Champions dan Piala Eropa, dulu namanya Champions Cup alias Piala Champion dan UEFA Cup atau Piala UEFA, ada juga tropi ketiga yakni Winners Cup. Piala Champion khusus para juara liga, Piala UEFA runner up dan seterusnya liga. Sedangkan Winners Cup untuk juara Piala Liga, red)

• Keseluruhan keduanya telah berjumpa sebanyak 170 pertandingan di semua kompetisi. Hasilnya, Liverpool menang 79 kali, Spurs 48 kali dan sisanya sebanyak 43 laga berakhir imbang.

• Sejak 2013, Liverpool hanya sekali kalah dalam 14 kali pertemuan terakhir. Kemudian menang sebanyak 9 kali dan selebihnya berakhir seri.

• Pada musim ini, dua kali Si Merah mengandaskan perlawanan Si Putih di Liga Primer dengan skor sama persis, 2-1. Kemenangan kedua saat menjamu Hotspur di Anfield, 31 Maret 2019.

Liverpool menang lagi-lagi berkat berkat gol Robert Firmino di babak pertama dan gol bunuh diri Toby Alderweired di menit akhir babak kedua. Hotspur menipiskan skor lewat Lucas Moura di babak kedua.

• Sebelumnya saat bertandang ke London, 15 September 2018, Firmino membawa klub yang bermarkas di Wales, ini menang setelah menggandakan keunggulan gol menjadi 2-0 di babak kedua.

Liverpool mencetak gol duluan lewat Georginio Wijnaldum babak pertama. Erik Lamela memperkecil ketinggalan Hotspur setelah mencetak gol di menit akhir babak kedua.

• Keduanya juga pernah bersua di final Piala Liga di Stadion Wembley pada musim 1982. Liverpool yang kebobolan duluan akhirnya membalikkan keadaan dan menang lewat perpanjangan waktu dengan skor 3-1.

Berkat aksi Ronnie Whelan lewat dua golnya dan penyerang Ian Rush sekaligus memupus asa gol cepat Hotspur di babak pertama lewat Steve Archibald. Tahukah Anda sekarang? (*)

Bagikan