Sat. Apr 13th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Inilah Negara Pesepakbola Terbanyak di Liga Dunia, Brazil Juaranya Nigeria Jadi Juru Kunci

2 min read

angkaberita.id – Kendati masih belum bisa menyingkirkan basket sebagai olahraga favorit di Amerika Serikat, namun jumlah penonton ajang Piala Dunia dan Liga Champions bikin iri pemasang iklan di Negeri Paman Sam.

Selain menjadi olahraga terpopuler di jagat, sepakbola seperti olahraga lainnya juga menjadi sarana mengetapel (catapult) taraf kehidupan.

Tak heran, pesepakbola seperti Leonel Messi atau Christiano Ronaldo bisa berubah 180 derajat dari kehidupan masa kecilnya.

Tak berlebihan jika sosok sukses itu selanjutnya untuk sebagian menjadi ‘duta besar’negara kelahirannya. Sepakbola juga merupakan sarana pembauran paling dramatis dan damai.

Dunia mengenalnya dengan istilah diaspora. Yakni, warga negara suatu negara yang hidup dan bekerja di negara lainnya.

Selain olahragawan, tak sedikit di antara mereka ilmuwan dan sebagainya. Indonesia juga mengenal istilah diaspora, terutama di olaharga bulu tangkis karena banyaknyak pebulutangkis berkiprah di negeri lain.

Khusus sepakbola, biasa dipuji sebagai ‘permainan terindah di dunia’, berdasar data merujuk riset CIES Football Observatory, benua Eropa masih merupakan tujuan pesepakbola dunia mengadu peruntungan.

Sebanyak 26 persen pesepakbola profesional di benua Eropa memiliki paspor negara lain, sementara secara global persentasenya setara 21,4 persen.

Brazil merupakan sumber diaspora pesepakbola terbanyak di dunia. Lebih dari 1.300 pesepakbola asal dan asli Brazil tercatat merumpuk ke luar negaranya.

Portugal merupakan liga sepkabola tujuan pertama mereka. Selain kedekatan budaya, faktor bahasa menjadikan negara tetangga Spanyol ini menjadi incaran utama.

Di tanah kelahiran pelatihan eksentrik Jose Mourinho ini, setidaknya merumput sebanyak 261 pesepakbola asal Brazil. Lalu negara lain manakah pengekspor bakat bola lainnya?

Mengutip data sama, bukan Argentina namun sang juara dunia 2018, yakni Prancis. Sebanyak 867 pesepakbola Prancis merumput di antero dunia.

Menyusul kemudian Argentina sebanyak 820 pemain, lalu Serbia sebanyak 458 pemain dan Inggris mengunci di urutan lima besar dengan pesepakbola sebanyak 431 orang.

Urutan 10 besar selanjutnya, berturut-turut dari ranking ke-6 hingga 10, masing-masing Spanyol sebanyak 427 pemain. Kemudian Jerman sekitar 394 pemain.

Kolombia menyusul dengan 382 pemain, ranking ke-9 ialah Kroasia sebanyak 374 pemain dan mengunci di 10 besar Nigeria dengan sebaran pemain sebanyak 361 pesepakbola, sebagian di antaranya bermain di Liga Indonesia.

Berkaca dari data ini, berdasar benua tak terbantahkan Amerika Latih memang surganya bakat alam sepakbola. Kombinasi Brazil, Argentina dan Kolombia sudah menyumbang 2.502 pesepakbola.

Memang secara akumulatif jumlah masih di bawah kombinasi diaspora asal benua Eropa, yakni 2.951 pemain. Hanya rasio negaranya di 10 besar itu, Amerika Latin 3 negara dan Eropa sebanyak 6 negara.

Tak heran, kiblat sepakbola selama ini identik dengan Eropa dan Amerika Latin, pertarungan orkestrasi permainannya tak jauh dari skill individu a la Latino kontra kolektivitas tim khas Benua Biru.

Dan, akhirnya Nigeria menjadi satu-satunya negeri di benua Afrika pengeskpor pesepakbola terbanyak ke dunia. Tahukah Anda sekarang? (*)

Bagikan