Thu. Apr 25th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Inilah Khasiat Tak Terduga Kulit Jeruk dan Biji Wijen Bagi Kesehatn Gigi Anda, Simak Baik-baik

2 min read

gigi putih tak hanya enak dilihat, tapi lebih penting juga sehat/foto dentalstudio101.com via merdeka.com

angkaberita.id – Kebanyakan mengonsumsi makan tinggi karbohidrat berpotensi menimbulkan plak di gigi lantaran banyaknya gula dan tepung menempel.

Jika tak sering dibersihkan atau malah gosok gigi, biasanya plak ini akan menjadi karang gigi. Selain harus berurusan dengan dokter gigi, karang gigi juga rentan memicu sakit gusi.

Namun, kini tak perlu panik lantaran ada cara sederhana menghilangkannya tanpa perlu keluar biaya ke klinik gigi.

Mengutip dari merdeka.com, Kamis (2/4/2019) dari The Health Site, berikut sejumlah bahan alami yang bisa membantu menyingkirkan plak di gigi.

1. Kulit Jeruk

Jangan pernah membuat kulit jeruk setelah mengonsumsi buahnya karena terdapat sejumlah hal yang bisa didapat darinya. Kulit jeruk ini bisa kamu gunakan untuk membersihkan plak yang menempel di gigi.

Untuk menggunakannya, gosok kulit jeruk pada bagian gigi yang hendak dibersihkan. Setelah digosok, lalu berkumurlah dengan air untuk membasuh dan menyingkirkan bakteri yang mungkin masih tersisa di mulut.

2. Baking Soda

Baking Soda merupakan bahan lain yang memiliki banyak manfaat dan bisa digunakan mengatasi masalah di gigi ini. Baking soda dapat digunakan sebagai bahan untuk menghilangkan plak di gigi.

Campurkan satu sendok makan air serta sedikit garam lalu campurkan dengan baking soda. Aduk hingga rata dan berbentuk seperti pasta lalu gunakan sikat gigi untuk menggosok dan membersihkan gigi dengan ramuan tersebut.

3. Biji Wijen

Cara lain untuk menghilangkan plak di gigi adalah dengan menggunakan biji wijen. Berkumur menggunakan biji wijen ini dapat membersihkan diri dan menghilangkan plak yang menempel.

Kunyah segenggam biji wijen untuk sementara waktu kemudian keluarkan untuk membuat gigi kembali bersih secara alami. Setelah itu, pastikan kamu menggosok gigi untuk menghilangkan biji wijen yang masih menempel di gigi.

4. Pasta Vitamin

Cara terakhir yang bisa dicoba adalah dengan menggunakan pasta vitamin yang dibuat sendiri. Gunakan makanan atau buah yang mengandung vitamin C seperti tomat, stroberi, dan jeruk.

Hancurkan makanan ini hingga berbentuk pasta kemudian tempelkan di gigi selama 5-6 menit sebelum kemudian ditutup dengan kumur air putih. Cara ini tak hanya membunuh bakteri di mulut namun juga membuat napas menjadi lebih segar. (*)

Bagikan