Fri. Jul 19th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Pemilu 2019, Inilah Prediksi Menteri Jokowi Lolos dan Kandas ke Senayan

2 min read

sejumlah menteri kabinet Jokowi diperkirakan tidak lolos ke senayan. Mereka sebagian besar berasal dari PKB dan PPP. Foto ilustrasi pemilu serantak 2019/foto detik.com

angkaberita.id – Sejumlah menteri kabinet Jokowi yang mencalonkan diri ke DPR agaknya sebagian bakal kandas ke Senayan. Sebagian besar berasal dari PKB dan PPP.

Kondisi berbeda terjadi pada menteri yang maju ke DPR dari PDI Perjuangan. Diprediksi sejumlah nama melenggang ke Senayan.

Seperti dilansir merdeka.com, Kamis (2/5/2019), prediksi menteri PDIP kemungkinan lolos ke Senayan ialah Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H Laoly dan Menko PMK Puan Maharani.

Sedangkan menteri asal PKB yang bertarung di DPR dan sejauh ini peluangnya belum bisa dipastikan antara lain Menpora, Menaker dan Menteri Desa.

Ketua Bappilu PDIP Bambang DH mengatakan, peluang Puan besar kendati belum final datanya. “Belum final (data suara yang masuk). Tapi sampai dengan saat ini masuk (lolos ke Senayan),” ujar Bambang.

Puan sendiri maju lewat dapil Jawa Tengah V. Sedangkan Laoly dari Dapil Sumatera Utara I. Terpisah, Sekjen PPP Arsul Sani memperkirakan sejumlah kadernya yang kini menjabat menteri kabinet kemungkinan kandas ke Senayan.

Informasi terhimpun, tiga menteri dari PKB yakni Menteri Desa Eko Putro Sanjojo, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, dan Menpora Imam Nahrawi, PKB masih belum bisa memastikannya.

Eko maju di Dapil Bengkulu, Hanif di Jawa Barat VI, dan Nahrawi dari Dapil DKI I. “Kayaknya semua masih dihitung ya,” kata Politisi PKB Daniel Johan saat dikonfirmasi.

Sedangkan posisi Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang satu Dapil dengan Hanif Dhakiri, PPP yakin besar kemungkinan kursinya kandas. Sehingga tidak lolos ke Senayan. “Sepertinya PPP tidak dapat kursi di Dapil itu. Sehingga tidak lolos,” kata Arsul Sani.’(*)

Bagikan