Thu. Apr 25th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Inilah 5 Khasiat Tak Terduga Bayam Hijau, Obati Diabetes hingga Tulang. Begini Detailnya

2 min read

sayuran bayam hijau tak hanya berguna menguatkan tulang tubuh tapi juga mengobati penyakit diabetes/foto drfarrahmd.com via intisari.grid.id

angkaberita.id – Entah kenapa Popeye begitu menyukai bayam dalam film-filmnya.

Namun dalam kenyataannya, bayam hijau merupakan sayuran berdaun dan bergizi yang tumbuh di lingkungan tropis serta subtropis.

Tanaman ini bisa dimasak menjadi berbagai olahan, termasuk sebagai sayur.

Kaya akan fitonutrien, antioksidan, mineral, dan vitamin, bayam sangat berkontribusi terhadap kesehatan dan kesejahteraan.

Perlu diketahui bahwa setiap 100 gram bayam hijau mengandung nutrisi berikut:

Vitamin A

Vitamin C

Niacin

Kalium

Thiamin

Magnesium

Fosfor

Riboflavin

Natrium

2 gram karbohidrat

3 gram protein

3 gram besi

3

81 gram kalsium

Bayam Hijau dan Diabetes

Journal of Dietary Supplements menerbitkan sebuah studi yang mengkonfirmasi potensi anti-diabetes dari bayam hijau (Amaranthushybridus). P

ara peneliti dari Al Shifa College of Pharmacy di India melakukan penelitian untuk melihat efek ini. Mereka menggunakan ekstrak daun dari bayam hijau dan mengujinya pada tikus yang diinduksi streptozotocin sehingga menderita diabetes.

Selain itu, para peneliti juga ingin menilai sifat antioksidan tanaman. Menurut hasil penelitian mereka,

ekstrak daun bayam hijau mampu menurunkan kadar gula darah tikus yang diberi makan 200 miligram per kilogram (mg/ kg) dan ekstrak daun 400 mg/kg dalam waktu dua minggu.

Selain itu, juga ditemukan bahwa ekstrak bayam hijau dapat meningkatkan parameter biokimia serum yang terkait dengan diabetes.

Hal itu secara signifikan dapat mengurangi kerusakan oksidatif terkait hiperglikemia.

Peneliti menyimpulkan bahwa hasil ini hanya ingin menunjukkan bahwa ekstrak dari daun bayam hijau dapat digunakan sebagai obat alami untuk diabetes.

Manfaat Kesehatan Lainnya dari Bayam Hijau

1. Antiinflamasi

Bayam hijau memiliki peptida dan minyak yang memiliki sifat anti-inflamasi. Itu dapat membantu mengurangi peradangan dan mengurangi rasa sakit.

Jadi, bayam hijau adalah penting terutama untuk kondisi kronis di mana peradangan mengikis kesehatan Anda, seperti penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

2. Melindungi

Terhadap Kanker Selain melindungi tubuh terhadap peradangan, peptida dalam bayam juga dapat membantu mencegah kanker.

3. Mengatur Tekanan Darah

Bayam hijau adalah makanan yang baik untuk kesehatan jantung. Menurut penelitian, serat dan fitonutrien dalam bayam dapat membantu masalah yang berkaitan dengan tekanan darah tinggi, kolesterol, dan peradangan.

4. Menyehatkan Pencernaan

Karena vitamin A, C, dan kandungan seratnya, bayam dapat membantu pencernaan dan menjaga sistem pencernaan tetap sehat dengan menghilangkan radikal bebas yang menyebabkan penyakit.

5. Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin, mineral, dan antioksidan kuat dalam bayam dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, menurut beberapa penelitian.

6. Meningkatkan Kualitas Tulang

Daun bayam mengandung kadar kalsium yang tinggi, sehingga menjadikannya makanan super dalam hal meningkatkan kekuatan tulang dan mencegah osteoporosis. (Intisari.grid.id)

Bagikan