Mon. Jun 24th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Rakernas Pemda Kepulauan dan Pesisir, Ini Bahasan Soal Kepri

1 min read

Ilustrasi nelayan/Foto Totok Wijayanto/Kompas vis Kompas.com

angkaberita.id – Potensi daerah pesisir, termasuk Kepri mulai disisir dan dibahas di luar Kepri.

Terbaru sebanyak 88 kepala daerah yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (ASPEKSINDO) menghadiri rakernas I ASPEKINDO.

Rapat akan berlangsung selama 3 hari di Balikpapan, Kalimantan Tengah. Ketua Umum ASPEKINDO, Abdul Gafur Masud mengatakan,

rakernas bertujuan menyusun mapping dan strategi pembangunan wilayah kepulauan dan pesisir sesuai teritorial masing-masing demi kepentingan pembangunan nasional ke depan.

“Kita ingin daerah kami dapat memberikan manfaat nyata bagi kemajuan pembangunan nasional ke depan, dalam Rakernas ini nanti kami akan

menginventarisir potensi-potensi dari daerah masing-masing yang bisa digali dan dikembangkan,” kata Gafur, saat Balikpapan seperti dilansir laman situs merdeka.com, Jumat (22/3/2019).

Gafur menjelaskan, wilayah kepulauan dan pesisir sangat potensial untuk dikembangkan, terutama dari sektor bahari dan maritim.

“Banyak potensi yang bisa kita kembangkan ke depan, agar wilayah kami juga terangkat dari sisi pembangunan potensi daerah yang tentu akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat,” katanya.

ASPEKSINDO sendiri merupakan organisasi kemitraan antar Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir.

Melalui organisasi tersebut diharapkan terbangun kerja sama dan harmonisasi antarpemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir yang saling menguntungkan.

“Organisasi ini terbentuk dalam rangka mendukung suksesnya penyelenggaraan pemerintahan daerah yang kuat, ini akan menjadi pilar terwujudnya visi besar Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Dalam konteks ini, tentu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat kepulauan dan pesisir yang berkeadilan,” tutup Gafur. (*)

Bagikan