Respon Cepat PLN Batam, Turun Ke Perumahan Bereskan Kabel Semrawut

petugas pln batam turun ke perumahan=perumahan selama dua pekan terakhir merapikan sekaligus penataan kabel semrawut/foto ist

Respon Cepat PLN Batam, Turun Ke Perumahan Bereskan Kabel Semrawut

angkaberita.id - PLN Batam langsung bergerak cepat merespon keluhan warga soal kabel semrawut di lingkungan perumahan mereka. Lewat Tim Unit Bisnis Infrastruktur, PLN Batam turun ke Perumahan Taman Anugerah Ideal. Keluhan menyusul heboh serupa di Jakarta.

Selama dua pekan berjalan, Tim Penataan Jaringan Telematika PLN Batam merapikan kabel-kabel terbentang di sepanjang tiang di perumahan tadi dan juga perumahan lainnya. Direktur Bisnis dan Pengembangan Usaha PLN Batam, Khairullah memimpin langsung perapihan kabel tadi.

Dia mengungkapkan, sebagian besar jaringan listrik di Batam telah menggunakan saluran kabel tegangan menengah (SKTM) atau jaringan listrik bawah tanah. "Namun masih ada beberapa perumahan menggunakan jaringan dari tiang listrik," kata Khairullah, baru-baru ini.

Selain kabel salurang tegangan rendah (STR) milik PLN Batam, juga pada tiang tadi terdapat banyak kabel layanan telematika, telekomunukasi, kabel penyedia layanan TV kabel dan penyedia Internet Service Provider (ISP).

Khairullah mengatakan pemeliharaan dilakukan pada jaringan PLN Batam menyasar kabel sebelumnya kusut. Petugas PLN Batam selanjutnya menata ulang agar lebih mudah terdeteksi. Penataan tadi demi kenyamanan pelanggan dan warga sekitar. Seperti mengantisipasi risiko akibat kabel menjuntai ke bawah.

Selain berisiko memicu arus pendek, kabel menjuntai ke bawah juga berisiko mengenai warga. PLN Batam merapikan dengan menyusun kabel-kabel tadi dalam satu lajur khusus. Sehingga memudahkan pemilik kabel seperti penyedia layanan TV kabel atau ISP pemeliharaaan kabel mereka.

Kepada pemilik kabel telematika, PLN Batam mengimbau mereka berkoordinasi sebelum memasang kabel di tiang listrik PLN demi efektivitas penyusunan kabel mereka nantinya. Senior Manager Unit Bisnis Infrastruktur PLN Batam, Sanggam Sinaga menambahkan pihaknya menyambut mereka bermitra dengan PLN Batam.

Cukup mengontak telepon 123 atau WA pada 081378016600. "Komunikasi dan koordinasi penggunaan jaringan PLN Batam keperluan telematika," kata dia. Selain kepentingan bisnis, juga sebutnya demi kenyamanan warga di lokasi. Kepada pelanggan dan warga menjumpai kabel kusut atau menjuntai, dapat juga melaporkan ke nomor tadi.

Ketua RW XIX Perumahan Taman Anugerah Ideal, Benny berterima kasih atas respon cepat PLN Batam terkait keluhan kabel di perumahan. Sehingga kabel layanan TV Kabel dan internet sebelumnya menggelantung rendah di tengah jalan dapat kembali tersusun lebih rapi. "Terima kasih PLN," ucap dia.

(*)

Bagikan