Penjualan Mobil September 2019, Daihatsu Saingi Toyota, Mitsubishi Tiga Besar
angkaberita.id – Kendati penjualan mobil secara nasional di pasar domestik hingga September 2019 menurun dibanding periode sama tahun lalu, namun empat merek ini terus diburu pembeli mobil di tanah air.
Berdasar riset Katadata mengutip data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil hingga September sebanyak 753,6 ribu unit atau turun 12 persen dibanding periode sama tahun lalu, sebanyak 856,6 ribu unit.
Penurunan juga terjadi dalam penjualan setiap bulannya dibanding tahun lalu. Pada semester I/2019, hanya bulan Maret penjualan tertinggi dibanding lima bulan lainnya terhitung Januari-Juni 2019. Terinci, penjualan Januari sebanyak 82 ribu unit.
Februari sebanyak 81,6 ribu unit. Maret sebanyak 90,2 ribu unit. April terjual 83,8 ribu unit; Mei 83,9 ribu unit; dan Juni 59,5 ribu unit. Masuk semester II/2019, penjualan September paling tinggi sebanyak 92,2 ribu unit.
Sedangkan Juli dan Agustus 2019, masing-masing, sebanyak 89,1 ribu dan 90,4 ribu unit. Dengan kondisi ini, Gaikindo disebut mengoreksi target penjualan 2019 menjadi 1 juta unit dari sebelumnya 1,1 juta unit. Jauh di bawah realisasi penjualan tahun 2018 sebanyak 1,15 juta unit.
Lesunya industri mobil tahun ini, sejatinya bukan hanya terjadi di tanah air. India juga mengalami kondisi serupa. Seperti dilansir India Today, bahkan di sana juga mengakibatkan terjadinya pengurangan tenaga kerja. Dalam laporannya, penurunan penjualan mobil bahkan terendah sejak tahun 1997/1998.
Lalu apa merek mobil paling diburu sepanjang bulan September 2019? Berdasar data Gaikindo, formasinya masih seperti posisi bulan Agustus 2019. Toyota masih memimpin dengan penjualan sebanyak 31,9 ribu unit.
Bahkan, penjualan September bukan hanya naik dibanding penjualan bulan sebelumnya, namun juga meningkat dibandingkan periode sama tahun lalu. Persisnya, meningkat 9,49 persen dibanding penjualan bulan Agustus, dan naik 6,48 persen dibandingkan penjualan tahun lalu periode sama.
Daihatsu terus memberikan tekanan ke Toyota, dengan penjualan sebanyak 17,5 ribu unit. Mitsubishi dan Honda menguntit di urutan selanjutnya, masing-masing, dengan penjualan sebanyak 12,7 ribu unit dan 12,4 ribu unit.
Sebagai pembanding, penjualan Agustus 2019, merek Toyota membukukan penjualan sebanyak 29,1 ribu. Daihatsu dan Mitsubishi menyusul di urutan kedua dan ketiga, masing-masing, sebanyak 15,4 ribu dan 14,2 ribu unit.
Sedangkan Honda dan Suzuki bersaing di urutan ke-4 dan ke-5 dengan total penjualan, masing-masing, sebanyak 11,9 ribu unit dan 8,6 ribu unit. Suzuki sekaligus mengunci klasemen lima besar produk terlaris secara nasional.
Per September, Suzuki juga kembali mengunci di klasemen lima besar produk mobil terlaris secara nasional dengan penjualan sebanyak 8,1 ribu unit, turun hampir 500 unit.
Keseluruhan penjualan mobil sepanjang bulan September 2019 sebanyak 92,9 ribu unit, naik tipis sebesar 2,77 persen dibanding penjualan Agustus 2019 sebanyak 90,4 ribu unit, kendati secara tahunan turun 0,39 persen, saat itu penjualan September 2018 sebanyak 93,3 ribu unit.
Penurunan juga terjadi pada penjualan tahun kalender Januari-September 2019 sebesar 12 persen menjadi 753,6 ribu unit dibandingkan periode sebelumnya 856,6 ribu unit.
(*)