angkaberita – PLN Batam memprioritaskan keselamatan kerja, terutama melindungi pekerja. Jajaran Direksi PLN Batam turun langsung meninjau operasional Command Centre K3 (CCK3) sekaligus memastikan inovasi digital tadi memperkuat budaya keselamatan dan kesehatan kerja.
Bukan hanya di lingkungan PLN Batam, tapi juga dengan mitra perusahaan. Direktur Bisnis dan Pengembangan Usaha, Raditiya Surya Danu dan Direktur Human Capital dan Manajemen Risiko hadir melihat langsung kondisinya.
Command Centre K3 menjadi jawaban berbagai tantangan di lapang, seperti keterbatasan jumlah inspektur, luasnya cakupan wilayah kerja PLN Batam, hingga tingginya volume pekerjaan perlu pengawasan intensif.
Nah, dengan memanfaatkan teknologi digital, CCK3 menghadirkan sistem pengawasan real time menggunakan Body Worn Camera dan dashboard terintegrasi. Setiap mitra kerja wajib melaporkan rencana pekerjaan, jumlah personel, serta kesiapan APD setiap hari.
Seluruh aktivitas pekerjaan dapat terpantau langsung melalui BWC selalu aktif selama pekerjaan berlangsung. Lewat sistem tadi, petugas CCK3 dapat segera memberikan instruksi dan rekomendasi wajib ditindaklanjuti mitra kerja, sehingga pengawasan berlangsung lebih cepat, terukur, dan berbasis bukti.
Pekerjaan Langsung Terawasi
Raditiya mengatakan digitalisasi pengawasan K3 bagian penting strategi perusahaan menjaga keselamatan kerja. “Keselamatan kerja adalah prioritas utama PLN Batam,” tegas dia. Keberdaan CCK3 juga komitmen PLN Batam mencapai zero accident sekaligus menempatkan keselamatan kerja prioritas.
Senada Romy Andri, dia menekankan pentingnya menjaga substansi di balik pemanfaatan teknologi. “Jangan hanya dilihat sebagai pencapaian teknologi baru. Yang lebih penting kita benar-benar menggunakan sistem ini menutup celah risiko di lapangan,” sebut dia.
Sebab, lanjut dia, standar K3 telah disiapkan, tugas selanjutnya memastikan setiap detail terlaksana dengan disiplin. Uji keberhasilan bukan pada tampilan dashboard, tapi kemampuan menghadirkan pengawasan konsisten dan mampu mencegah kecelakaan sejak dini.
Team Leader K3 Distribusi dan Pelayanan (Disyan) PT PLN Batam, Sopandi menjelaskan CCK3 membantu pengendalian risiko dan efisiensi pengawasan. “Pengawasan lebih terstruktur. Data dari BWC dan dashboard membantu kami mendeteksi potensi bahaya lebih cepat, sehingga tindakan pencegahan bisa segera diambil,” sebut dia.
PLN Batam memastikan setiap mitra harus memahami dan menerapkan dengan disiplin. Kunjungan kemarin menjadi momentum memperkuat sinergi PLN Batam dengan mitra membangun budaya K3. Ujungnya, CCK3 sebagai role model digitalisasi pengawasan K3 sekaligus memastikan setiap insan PLN Batam bekerja aman, sehat dan produktif. (*)

