Sat. Jul 27th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Melongok Jejak Tiga Penggawa Andalan Kapolda Yan Fitri

2 min read


wakapolri komjen agus andrianto (kanan) dan kapolda irjen yan fitri ke pulau penyengat, jumat (2/2/2024)/foto via tribratanews.com

Melongok Jejak Tiga Penggawa Andalan Kapolda Yan Fitri

angkaberita.id - Seperti Kajati dengan empat Kajari, tiga penggawa andalan Kapolda Yan Fitri mengeksekusi pelanggaran hukum di Kepri juga berpengalaman menjabat di Kapolres. Bahkan, dua di antaranya berjejak di penyidikan Krimsus seperti kasus BBM dan sejenisnya. Satu lagi, untuk sebagian, telah penugasan di banyak Polres.

kombes adip rojikan

Sedangkan Kajati, Aspidsus di Kepri pernah mengungkap kasus penyelewengan dana Pokir anggota DPRD. Siapa penggawa andalan Kapolda Irjen Yan? Jika rujukannya keahlian reserse, tiga penggawa tadi, seperti Dirreskrimun, Dirreskrimsus, dan Dirnarkoba.

Kombes Adip Rojikan, sebelum Dirreskrimun di Polda Kepri, lama menjabat Dirreskrimsus di Polda Sumbar. Lahir di Trenggalek, Jawa Timur, 48 tahun lalu, merupakan Akpol 1999. Dia senior Kombes Putu Yudha dan Kombes Nasriadi, masing-masing, Direskrimsus Polda Kepri sekarang dan sebelum Yudha.

kombes putu yudha

Selama di Polda Sumbar, Rojikan sukses membongkar sejumlah kasus BBM ilegal. Kasus serupa juga menjadi catatan prestasi Kombes Putu selama Wakil Direskrimsus di Polda Sumsel. Selain kasus BBM, dia juga membongkar kasus benih udang bernilai miliaran. Dua kasus tadi juga identik di Kepri.

Dua senior mereka di Polda Kepri telah promosi di Mabes Polri, yakni Komjen Fadil Imran dan Irjen Syahar Diantono, masing-masing, Kabaharkam dan Kadiv Propam. Fadil pernah Direskrimun tahun 2011 dan Syahar Diantono menakhodai Direskrimsus tahun 2014. Dirnarkoba? Kombes Donny Alexander juga Pamen jempolan.

Rekan seangkatan Kombes Yudha dan Kombes Nasriadi di Akpol 2000 pernah ikut terlibat membongkar kasus narkoba berton-ton saat berdinas di Polrestabes Medan. Setelahnya, Kapolri memberinya tantangan baru menjabat Kapolres di sejumlah kabupaten/kota di Jawa Timur.

kombes donny alexander

Di sana, tak kurang dia telah menjabat Kapolres di empat kabupaten/kota berbeda, kurun 2019-2022, sebelum akhirnya bertugas ke Bareskrim Mabes Polri. Desember 2023, bersamaan promosi Irjen Yan Fitri menjabat Kapolda Kepri, Kombes Donny resmi menjabat Dirnarkoba.

Bersama kasus TPPO, Kepri rawan kasus narkoba. Terbaru, DPRD menggeber Perda Narkoba di awal 2024, dengan target membereskan pelabuhan tikus di Kepri. Sedangkan kasus menghebohkan Kepri di ujung 2023 saat Polda Kepri mengusut dugaan kasus honorer fiktif.

(*)

Bagikan