Sat. Jul 27th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Tak Hanya Pinang, Cen Juga Geber Bantuan Air Bersih SWRO Gratis Di Batam-Bintan

2 min read

cen sui lan (kemeja batik), anggota fraksi golkar di dpra, saat konsolidasi program swro di tanjungpinang

Tak Hanya Pinang, Cen Juga Geber Bantuan Air Bersih SWRO Gratis Di Batam-Bintan

angkaberita.id - Tahun depan, Cen Sui Lan Jubir Kepri di DPR menggeber realisasi penyediaan air bersih di Kepri lewat Sea Water Reverse Osmosis (SWRO). Ribuan rumah bakal tersambung dengan SWRO. Tak hanya Tanjungpinang, tapi juga Batam dan Bintan serta Anambas.

"Di Batam, sebanyak 250 hunian," ungkap Cen Sui Lan, Kamis (16/11/2023) pekan lalu. Saat ke Tanjungpinang, anggota Fraksi Golkar di DPR Dapil Kepri tadi memastikan sebanyak 2.000 rumah tangga akan mendapatkan sambungan air bersih lewat SWRO secara gratis.

"Telah saya ajukan ke Kementerian PUPR. Kami juga sudah koordinasi dengan Pak Rudy Chua dan Pemko, untuk pemasangan," ungkap Cen, anggota Komisi V DPR, Senin (13/11/2023). Dengan intervensi SWRO tadi, dia berharap warga di Pinang tak lagi kesulitan air bersih.

Dia menambahkan, SWRO gratis juga diberikan ke warga Bintan dan Anambas. Di Tanjungpinang, Rudy Chua mendaku realisasi SWRO berkat bantuan Cen. "Pemasangan sepenuhnya gratis," kata legislator Hanura di DPRD Kepri.

Cen menjelaskan, intervensi dia menyediakan air bersih di Kepri menyesuai kemampuan PDAM belum terserap di daerah masing-masing. "Sebanyak kemampuan idle capacity PDAM daerah," sebut dia. Karenanya, dia belum dapat memastikan alokasi SWRO di Bintan dan Anambas.

Sebab, dia masih menunggu laporan PDAM Tirta Kepri. Tapi, dia memastikan skema bantuan tadi sejalan dengan Inpres Tahun 2024. Pengerjaan juga menyesuaikan kesiapan masing-masing PDAM daerah. Targetnya menyasar rumah tangga belum memiliki sambungan air bersih ke hunian.

"Agar warga Kepri belum bisa terlayani air minum atau air bersih, bisa menikmati layanan air minum," harap Cen, politisi Golkar di DPR paling populer tahun 2023. Data Kementerian PPN/ Bappenas, terdapat idle capacity 38 ribu liter dapat disalurkan ke 3 juta sambungan rumah. Prioritasnya ke daerah dengan kasus stunting tinggi. SWRO bagian kebijakan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kementerian PUPR.

(*)

Bagikan