Thu. Apr 18th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Bikin UMKM Kepri Naik Kelas, Wahyu Minta Pemprov Bikin Perda Khusus

1 min read

wahyu wahyudin (dua dari kanan), ketua komisi ii dprd kepri bersama pelaku umkm di kepri pada satu kegiatan pelatihan umkm baru-baru ini/foto ist

Bikin UMKM Kepri Naik Kelas, Wahyu Minta Pemprov Bikin Perda Khusus

angkaberita.id - Mendukung kemajuan UMKM di Kepri, Wahyu Wahyudin Ketua Komisi II DPRD Kepri meminta Pemprov Kepri mewajibkan hotel dan restoran serta operator fery lokal dan internasional mempromosikan produk UMKM.

Wahyu meminta Pemprov juga mengatur kewajiban tadi lewat Perda. Bukan hanya hotel dan restoran, kewajiban serupa juga berlaku bagi operator jasa angkutan laut dan penerbangan. "Saya minta Pemprov Kepri melalui OPD terkait usulkan Ranperda," tegas Wahyu, baru-baru ini.

Kata dia, kebijakan tadi bentuk mempromosikan produk UMKM. Hotel dan restoran serta kapal fery dan pesawat terbang merupakan ruang publik dan menjadi lokasi aktivitas banyak orang sekaligus efektif menjadi sarana promosi. "Ini sebagai upaya branding produk UMKM," sebut pentolan PKS itu.

Memastikan kualitas produk, Wahyu juga mewajibkan produk UMK terverifikasi lewat kurasi (quality control) dari tim independen. Sehingga terpenuhi standarisasi produk saat dipromokan nantinya. Selain ke Pemprov, Wahyu juga mendesak Disperindag dan DiskopUKM Kepri dan kabupaten/kota gencar turun pendampingan dan pelatihan UMKM.

Jika perlu, harap Wahyu, dalam setahun mereka sukses membina 50 UMKM tembus ekspor. Karena hingga kini baru dua persen UMKM di Kepri berhasil merasakan pasar ekspor. Sebelumnya, Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Kepri, Indra Soeparjanto menegaskan UMKM krusial bagi pembangunan di Tanah Air. Selama pandemi COVID-19, mereka menyumbang 60 persen penerimaan negara.

(*)

Bagikan