Sat. Apr 20th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Lewat Campur Tangan Cen, Desa Pekaka-Desa Kerandin Di Lingga Terhubung Jembatan Gantung

2 min read

jembatan gantung menghubungan desa pekaka dan desa keranding di kecamatan lingga timur, kabupaten lingga, hasil dana aspirasi cen sui lan, anggota komisi v dpr, tahun 2022. cen dijadwalkan meresmikan jembatan senilai rp 7 miliar itu/foto ist

Lewat Campur Tangan Cen, Desa Pekaka-Desa Kerandin Di Lingga Terhubung Jembatan Gantung

angkaberita.id - Kini Desa Pekaka dan Desa Kerandin di Kecamatan Lingga Timur, Kabupaten Lingga telah terhubung jembatan gantung sekaligus menjadi akses warga dua desa. Dulu warga biasanya menumpang "kapal roro" mini dari kapal pongpong menyeberang sungai di antara kedua desa.

Jembatan tadi terealisasi berkat campur tangan Cen Sui Lan, Jubir Kepri di DPR. Lewat dana aspirasinya, Cen kader Golkar di Komisi V DPR menggelontorkan dukungan anggaran pembangunan jembatan senilai Rp 7 miliar tadi. Bulan Maret depan, Cen dijadwalkan ke Lingga meresmikan pengoperasiannya.

Pembangunan terealisasi di anggaran tahun 2022, dengan usulan masuk di tahun 2021. Persisnya, saat Cen turun ke Lingga menggeber sejumlah program infrastruktur di kabupaten tapal batas selatan di Kepri itu. Kini selangkah lagi, dengan hadirnya jembatan gantung, warga Desa Pekaka dan Desa Kerandin tak perlu menyeberangi sungai.

Lewat jalan darat sebenarnya juga bisa. Hanya saja harus berjalan memutar cukup jauh melewati sejumlah desa, seperti Limbung, Bukit Harapan dan Desa Bukit Langkap. Seperti jembatan gantung, jalan darat juga terealisasi berkat dukungan tangan kanan Airlangga Hartarto, Ketum Golkar, di DPP MKGR itu.

Cen melalui dana aspirasinya mewujudkan jalan tadi dengan Balai Pelaksana Jalan Nasional, alias BPJN Kementerian PUPR menjadi eksekutor usulannya. Khusus jembatan gantung, Cen mengaku usulan lewat Sui Hiok, Agus Marli dan Iwan Kurniawan, ketiganya, anggota DPRD Lingga.

"Dimasukkan ke program aspirasi tahun anggaran 2022 dan direalisasikan," beber Cen sembari menambahkan usulan masuk saat dia reses ke Lingga dua tahun lalu. Soal jembatan tadi, Cen mengaku juga Bupati Lingga, Muhammad Nizar juga mengusulkan ke dirinya.

"Aspirasi (jembatan) juga dari Bapak Bupati Lingga, Muhammad Nizar," ucap Cen. Di Lingga, Cen dua tahun terakhir menggelontorkan banyak program. Selain jalan, juga irigasi dan embung pengairan bagi pertanian. Kemudian SPAM dan pengadaan air bersih. Tak ketinggalan program bedah rumah. Terbaru, Cen mengawal usulan kapal roro mini khusus perairan di Kecamatan Senayang.

(*)

Bagikan