Wed. Feb 21st, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Menteri Anas Curhat Banyak PNS Getol Ngutang, Ada Apa?

1 min read

kantor pemprov kepri/foto via kepriprov.go.id

Menteri Anas Curhat Banyak PNS Getol Ngutang, Ada Apa?

angkaberita.id - MenPAN dan Reformasi Birokrasi memastikan, meskipun negara bangkrut PNS tetap akan berpenghasilan setiap bulannya. Tak heran, mereka laku keras jadi buruan perbankan dan sejenisnya menjadi debitur dengan agunan SK Pegawai.

Godaan kredit menjerat banyak PNS, meskipun penghasilan telah di atas rata-rata penduduk lainnya di Tanah Air. Kondisi itu diakui Menteri Abdullah Azwar Anas. Bahkan, dia membeberkan cara kreditur menjerat PNS lewat anggota keluarga.

"Gagal lewat kita lewat istri kita, gagal lewat istri kita lewat hape anak kita. Sehingga kita termasuk negara yang sangat konsumtif. Yang tidak perlu, dibelanjakan, yang tidak produktif, dibelikan," ungkap MenPAN Anas, seperti dilansir merdeka.com, Rabu (25/1/2023), saat penutupan ASN Culture Fest 2023 di Jakarta.

Anas mengajak ASN, terutama PNS, mengendalikan nafsu konsumtif dengan fokus peningkatan kinerja, terutama di tengah ancaman resesi ekonomi tahun ini. Gejalanya telah terlihat seperti APBD terbatas, PAD tak kunjung bertambah. "Sekali lagi ingin saya ingatkan, kita mesti bersyukur di tengah ketidakpastian ekonomi dunia, ASN masih punya kepastian pendapatan," tegas Anas.

(*)

Bagikan