Thu. Feb 2nd, 2023

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Bangun Krematorium Terbesar Di Kepri, Cen: Kado Imlek 2023

2 min read

cen sui lan (topi kuning), anggota komisi v dpr, memberikan sambutan dan menjelaskan program pembangunan krematorium di sela pembagian sembako ke panti jompo yayasan bhakti sasana bintan timur, kamis (19/1/2023)/foto via suaraserumpun

Bangun Krematorium Terbesar Di Kepri, Cen: Kado Imlek 2023

angkaberita.id - Selangkah lagi Kepri memili krematoriun terbesar berlokasi di Batam. Kabar itu terungkap saat Cen Sui Lan, anggota Komisi V DPR, raker dengan Menteri PUPR di Jakarta, Selasa (17/1/2023). Selain krematorium, Cen juga menegaskan ke Menteri Basuki prioritas penanganan banjir di Natuna dan fleksibilitas program MCK di lembaga pendidikan.

Cen mengaku lega setelah pembangunan krematorium masuk prioritas Kementerian PUPR di tahun anggaran 2023 sekarang. Kata Cen, kabar itu merupakan kado Imlek tahun 2023. "Ada tiga poin yang saya tekankan kembali dalam raker itu, (termasuk pembangunan krematorium)," tegas Cen, baru-baru ini.

Kepada Menteri Basuki, Cen berterima kasih lantaran telah mengutus langsung Direktur di Ditjen Bina Marga turun langsung ke Natuna merespon banjir di akhir tahun 2022. Selain jembatan, sejumlah rumah juga hanyut terbawa luapan air Sungai Ranai.

Soal krematorium, Cen meminta Kementerian PUPR merealisasikan di tahun ini. Kabar baiknya, lanjut dia, pejabat biro perencanaan di Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR telah mengontaknya, dan menegaskan tahun 2023 realisasinya.

Selanjutnya Cen kepada Menteri Basuki juga menegaskan perlunya fleksibilitas program MKC di lembaga-lembaga pendidikan, termasuk di Kepri. Syarat mengharuskan peserta didik tinggal di sekolah. "Tapi, tolong agar bisa fleksibel," ujar Cen.

Sebab, lanjut Cen, banyak lembaga pendidikan dengan ratusan peserta didik tapi tak tinggal di lembaga tadi. "Tapi, mereka sangat memerlukan dan minta bantu pembangunan MCK. Saya minta, kebijakan ini fleksibel, dan ada solusinya," kata Cen, tangan kanan Airlangga Hartarto, Ketum Golkar, di DPP MKGR.

Krematorium Batam

Khusus krematorium, saat raker terungkap, nantinya menjadi terbesar dan termegah di Kepri, dibangun di atas lahan seluas dua hektare. Usulan mengemuka saat Cen bersilaturahim ke Yayasan Sosial Budi Bakti, April 2022. Rudy Tan, Ketya Dewan Pembina Yayasan mengaspirasikan itu.

Cen kemudian mengkoordinasikan ke Dirjen Bimas Budha Kementerian Agama Nyoman Suriadarma, hingga terbit rekomendasi pendirian tertanggal 26 April 2022. Cen mengawalnya saat raker di Juni 2022, lewat pembahasan RKP 2023. Dewan Kehormatan DPP Ikatan Tionghoa Muda Kepri itu juga menyebut krematorium tadi bakal menjadi destinasi wisata du Batam.

(*)

Bagikan