Wed. Dec 7th, 2022

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Akbar Terpilih Ketum HIPMI, Sukses Berkat Tempaan Tsunami Aceh

2 min read

akbar himawan buchari, ketum terpilih bp hipmi di munas ke-16 di solo, rabu (23/11/2022)/foto via tribunnews.com

Akbar Terpilih Ketum HIPMI, Sukses Berkat Tempaan Tsunami Aceh

angkaberita.id - Lewat Munas HIPMI ke-17 di Solo, Akbar Himawan Buchari terpilih menakhodai kepengurusan HIPMI 2022-2025, Rabu (23/11/2022). Pengusaha otobus asal Sumatera, itu meraih suara terbanyak dibanding dua pesaingnya.

"Menetapkan saudara Akbar Himawan Buchari, Ketua Umum terpilih," tegas Robert Muda Hartawan, Sekretaris Sidang Pleno Pemilihan Ketum BPP HIPMI seperti dilansir KompasTV mengutip laporan Antara.

Lahir di Medan, Sumatera Utara, Akbar kelahiran 25 November 1988, dengan kekayaan Rp 9,32 miliar, merupakan pengusaha otobus di sana. Pengusaha berdarah Aceh harus terjun meneruskan usaha rintisan orangtua setelah sang ayah meninggal dalam kecelakaan pesawat terbang.

Meskipun menjadi cobaan terbesar, bagi Akbar itu bukan kisah duka terakhir. Sebab, saat meneruskan usaha sang ayah, cobaan lain juga terus berdatangan. Dua di antaranya selalu menjadi ingatannya. Yakni, mendapatkan intimidasi dari GAM di Aceh, dan puluhan bus kelolaan dia hancur kena terjang tsunami Aceh tahun 2004.

Akbar memenangi kontestasi setelah mengungguli dua rival sesama pengurus BP HIPMI di bawah pimpinan Mardani Maming, bos batubara di Kalimantan. Yakni, Bagas Adhadirgha dan Anggawira. Persamaannya, Akbar dan Anggawira sama-sama telah kehilangan orangtua sejak belia.

Keduanya, untuk sebagian, juga menekuni jalur hampir beririsan. Akbar politisi Golkar di DPRD Sumut, Anggawira kader HMI jebolan IPB Bogor. Hanya saja, naiknya Akbar ke tampuk HIPMI sempat tercoreng viral kejadian baku hantam sesama peserta Munas HIPMI.

Seperti KADIN, himpunan pengusaha muda di Tanah Air kini menjadi sumber rekrutmen menteri di Tanah Air, terutama di masa Presiden Jokowi. Selain Bahlil Lahadalia, Ketum sebelum Mardani Maming, juga Sandiaga Uno dab Erick Thohir merupakan menteri Jokowi berlatar pengusaha HIPMI. Jokowi sendiri pernah berkiprah di HIPMI Solo.

(*)

Bagikan