Fri. Apr 26th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Ansar-Marlin Vs Syamsuar-Adil, Siapa Duluan Akur?

2 min read

ansar-marlin saat awal pencalonan pilgub kepri

Ansar-Marlin Vs Syamsuar-Adil, Siapa Duluan Akur?

angkaberita.id - Disinyalir kesal lantaran Marlin Agustina berkampanye terselubung ke sekolah-sekolah di Kepri, Gubernur Ansar curhat dan blak-blakan menyebut sang Wagub telah lebih setahun tak ngantor di Dompak, Tanjungpinang.

"Sudah 1,3 tahun Ibu Wagub tidak pernah masuk kantor. Beliau hanya keliling berkampanye. Ya kalau menggunakan fasilitas pemerintah, tolong hak dan kewajiban dipenuhi. Saya berkali-kali berharap supaya Ibu datang ke kantor. Laksanakan kerja kalau perlu diskusi, saya terbuka," ungkap Ansar, seperti dikutip detikcom, Sabtu (12/11/2022).

Seingat Ansar, Wagub hanya beberapa kali menjalankan tugas dia berikan. Itupun, saat dia tengah ke luar kota. Disinggung soal tudingan dia membatasi ruang gerak Marlin, Ansar berkelit dengan berlindung ke UU Otda. Bahkan, Ansar pamer sepuluh tahun menjadi Bupati Bintan hubungan dia dengan Wabup baik-baik saja. "Kita tahu masing-masing tugasnya," kilah Ansar.

Sejak mencuat isu pecah kongsi dia dengan Muhammad Rudi, Walikota Batam sekaligus suami Marlin Agustina, perang dingin keduanya merembet ke sang istri. Belakangan Marlin memang rajin turun ke sekolah, kegiatan juga Ansar rajin lakukan sejauh ini. Mendompleng status kepala daerah, keduanya sama-sama menyiasati keadaan.

Disebut-sebut, untuk sebagian, lantaran Ansar dan Rudi bakal maju ke Pilgub 2024. Sedangkan Marlin ke Pilwako Batam. Luapan Ansar soal Marlin juga langsung memantik polemik dua kubu. Perang dingin serupa juga terjadi di Riau. Bupati Meranti Muhammad Adil hampir tak pernah hadir di acara Gubernur Riau Syamsuar. Terbaru, Adil absen saat Mendagri hadir memimpin rakor kepala daerah se-Riau.

Bedanya, perang dingin di Riau menyeret sejumlah legislator di DPRD turun mengomentari kondisi itu. Sedangkan di Kepri, mereka agaknya lebih adem ayem. Kepri dan Riau dulunya sepemerintahan. Di awal berdiri, terpisah dari Sumatera Tengah, Riau beribukota di Tanjungpinang.

Baru pindah ke Pekanbaru setelah pemekaran Riau benar-benar tak bergaung di Sumatera Barat, satu dari tiga provinsi pemekaran dari Sumatera Tengah, bersama Riau dan Jambi. Tahun 2002, di era Presiden Megawati, Kepri resmi berdiri menjadi provinsi terpisah dari Riau. Tanjungpinang, setelah tarik ulur dengan Batam, akhirnya menjadi ibukota Kepri.

Nah, sejak itu, Riau dan Kepri, seperti selalu bersaing. Terakhir, soal investasi Riau menjadi pilihan pemilik modal, meskipun perekonomian Kepri diklaim Gubernur Ansar bertumbuh tertinggi di Sumatera. Seperti Syamsuar dan Adil, Ansar dan Marlin juga berbeda parpol. Dengan periode pemerintahan tinggal 1,5 tahun, Syamsuar-Adil dan Ansar-Marlin, siapa duluan akur?

(*)

Bagikan