Thu. Apr 18th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Tersentuh Aksi Bedah Rumah-MCK, Warga Bintan Percayakan Aspirasi Pembangunan Ke Cen

2 min read

cen sui lan (kemeja batik ungu) berfoto bersama kades dan lurah se-bintan saat reses, senin (17/10/2022)/foto via suaraserumpun.com

Tersentuh Aksi Bedah Rumah-MCK, Warga Bintan Percayakan Aspirasi Pembangunan Ke Cen

angkaberita.id - Aksi nyata Cen Sui Lan di Bintan menggema hingga ke pesisir dan warga pulau sekitar. Tak heran, saat dia berkesempatan reses kemarin, warga dan tokoh Bintan, termasuk dari pesisir dan pulau sekitar, "bela-belain" datang bertemu.

Lewat Kades mereka, warga pesisir dan pulau di Bintan, mempercayakan aspirasi dan harapan Cen membereskan keluhan mereka, terutama soal infrastruktur. Kondisi itu terekam saat Cen reses mendengarkan curhat Kades-Lurah dan menjemput aspirasi warga di Bintan, Senin (17/10/2022).

Kepada mereka, dalam suasana penuh keakraban, Cen menyatakan bakal memperjuangkan aspirasi mereka di DPR tahun 2024, terutama di Komisi V, dengan mitra Kementerian PUPR, Kemendesa dan Kemenhub serta Basarnas dan BMKG lewat rencana kerja mereka di APBN.

"Saya melanjutkan misi Pak Ansar di pusat, sejak tahun 2020. Tahun 2021, saya terus berjuang melanjutkan misi Pak Ansar, agar Kepri selalu terdepan untuk pembangunan nasional," tegas Cen di hadapan puluhan Kades dan Lurah se-Bintan saat membuka rangkaian reses tiga hari ke Bintan-Pinang, Senin-Rabu (17-19/10/2022).

Pamsismas-BUMDes

Meskipun baru sekali ke Bintan, tapi sejak tahun lalu kerja nyata Cen telah mengalir ke kabupaten berjuluk Bumi Bentan melalui kegiatan bedah rumah dan pembangunan MCK perdesaan.

Tak tanggung-tanggung, tahun 2021 Cen mengalokasikan 500-700 hunian mendapatkan bantuan bedah rumah senilai Rp 20 juta per hunian. Kemudian pembangunan MCK, Cen merealisasikan sebanyak lima unit, dengan per unitnya beranggaran Rp 200 juta. Belum lagi, program irigasi persawahan.

Tahun ini, Cen menggeber kembali bedah rumah dan bantuan permodalan BUMDes serta Pamsimas. Khusus BUMDes, lewat dana aspirasi, Cen menggelontorkan Rp 75 juta per BUMDes penerima. Di Kepri, BUMDes di Bintan tergolong berkembang, sebagian malah telah berkontribusi ke PADesa. Bahkan, satu di antaranya lewat usaha Desa Wisata mendapat acungan jempol Menteri Sandiaga Uno.

Warga dan Kades tak menyia-nyiakan kesempatan itu. Mereka beramai-ramai membawa aspirasi warga, terutama kegiatan infrastruktur, ke Cen. Selain Kades dan Lurah, hadir di reses bertempat di Kedai Kopi Tempayan Kijang kemarin, pejabat pemerintah dan anggota DPRD Bintan, Hasriawady.

(*)

UPDATE: Pembaruan Infografis

Bagikan