Sun. Sep 25th, 2022

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Green Port, Pandemi Tak Halangi Los Angeles Jadikan Pelindo Mitra Strategis

1 min read

walikota los angeles eric dan dirut pelindo arif suhartono/foto pelindo

Green Port, Pandemi Tak Halangi Los Angeles Jadikan Pelindo Mitra Strategis

angkaberita.id – Diam-diam Los Angeles, metropolis di Amerika Serikat setelah New York, kesengsem dengan kinerja merger PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo). Terbukti, setelah pandemi mereda, Walikota mereka bela-belain datang ke Jakarta menjadikan Pelindo mitra strategis green port.

Walikota Los Angeles Eric Garcetti dan Direktur Eksekutif Port of Los Angeles, Eugene D. Seroka datang ke Jakrta, akhir Agustus lalu. Mereka mendiskusikan kembali rencana pengembangan green port telah MoU pada 2019. Terjeda dua tahun akibat pandemi, mereka tetap ngotot merealisasikan.

“Ini merupakan waktu baik mengaktifkan kembali kemitraan strategis antara Port of LA dan Pelindo,” ucap Arif Suhartono, dalam siaran pers PT Pelindo. Arif langsung memaparkan update terkini perusahaan pasca merger, termasuk sejumlah pengembangan di sejumlah pelabuhan di Tanah Air, seperti Belawan, Tanjung Priok, Tanjung Perak, Kijing, Bali dan Makassar.

“Rencana kerjasama antara Pelindo dan Port of LA belum sempat terealisasi selama pandemi dua tahun ini, akan tetapi, hal ini justru sangat menjanjikan karena kami ingin membangun lebih banyak peluang dan kami ingin membuat hubungan yang lebih strategis dari berbagai aspek di MoU sebelumnya, termasuk dalam pengembangan green energy di lingkungan pelabuhan,” kata Walikota Los Angeles, Eric Garcetti.

Direktur Eksekutif Port of LA, Eugene D. Seroka berharap kerjasama strategis dengan Pelindo berlanjut, terutama memperluas rute pelayaran green line dari Jakarta ke LA, termasuk harapan membangun teknologi baru demi memangkas biaya logistik. (*)

Bagikan