Tue. Apr 16th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Lewat Kartu Kredit, Bank Pelat Merah Talangi Belanja APBD (Di Kepri)

1 min read

kantor gubernur kepri di dompak, tanjungpinang

Lewat Kartu Kredit, Bank Pelat Merah Talangi Belanja APBD (Di Kepri)

angkaberita.id - Kabar gembira bagi Pemda di Kepri, khususnya Pemprov, saat kondisi defisit APBD. Kini, mereka dapat belanja kebutuhan dengan pemerintah melalui perbankan menalangi dulu pembayarannya. Skemanya, bersama Bank Indonesia, pemerintah meluncurkan kartu kredit pemerintah (KKP), Senin (29/8/2022).

Presiden Jokowi menyaksikan langsung peluncuran. Kepada BI dan perbankan di Himbara, dia meminta mereka benar-benar turun mendampingin kementerian dan lembaga, pemerintah provinsi, dan kabupaten/kota untuk segera masuk ke sistem KKP domestik.

"Sehingga terjadi kecepatan pembayaran, mungkin dulu pembayaran mundur-mundur, dengan kartu kredit ini mestinya setelah transaksi bayarnya langsung sudah masuk ke rekening kita," pesan Presiden, seperti dikutip CNBC Indonesia, Senin.

Presiden berharap belanja pemerintah, pemerintah daerah dan BUMN semua mengarah pada produk dalam negeri. Dia juga meminta sistem LKPP segera selesai. Komitmen pemerintah pusat dan Pemda belanja produk dalam negeri, khususnya UMKM, mencapai Rp 800 triliun. "Realisasi sudah lebih dari Rp 400 triliun," ungkap Presiden.

KKP merupakan alat pembayaran dengan menggunakan kartu berlaku guna pembayaran atas belanja dapat dibebankan pada APBN, dengan kewajiban pembayaran pemegang kartu dipenuhi terlebih dahulu Bank Penerbit Kartu Kredit Pemerintah.

Kemudian, satuan kerja (Satker) berkewajiban melunasi pembayaran pada waktu yang disepakati dengan pelunasan secara sekaligus. KKP akan diterbitkan tiga bank Himbara, yakni BRI, BNI dan Bank Mandiri. KKP nantinya dapat digunakan di 20 juta merchant di dalam dan luar negeri.

(*)

Bagikan