Sun. Sep 25th, 2022

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Tahun 2023 Bandara Letung Dapat Rp 20 Miliar, Cen Lobikan Tambahan Subsidi Penerbangan Ke Anambas

2 min read

cen sui lan (bertopi kuning) saat melihat kondisi bandara letung dalam rangkaian reses selama tiga hari, rabu-jumat (3-5/8/2022) di anambas/foto via suaraserumpun

Tahun 2023 Bandara Letung Dapat Rp 20 Miliar, Cen Lobikan Tambahan Subsidi Penerbangan Ke Anambas

angkaberita.id - Tahun 2023, Kemenhub bakal memperpanjang landas pacu Bandara Letung di Kabupaten Anambas. Begitu juga terminal penumpang bakal diperbesar dari kondisi sekarang. Cen Sui Lan, Jubir Kepri di DPR, menyatakan disiapkan anggaran Rp 20 miliar keperluan itu tahun depan.

Kabar gembira tadi terlontar setelah Cen, anggota Komisi V DPR, mendengarkan paparan Kepala Otoritas Bandara Sumatera Wilayah II, Ditjen Perhubungan Udara, Kemenhub RI, saat reses ke Anambas, Kamis pekan lalu, di ruang Kantor Bupati Anambas. Agus Prihanto, Kepala Otoritas Bandara membeberkan update Bandara Letung.

Kata Cen, perpanjangan demi percepatan pengembangan ekonomi dan pariwisata di Anambas. Nantinya landas pacu diperpanjang menjadi 1.600 meter x 30 meter, dari sekarang 1.400 meter x 30 meter. "Kegiatan masuk tahun anggaran 2023, sebesar Rp 20 miliar," ungkap Cen, tangan kanan Airlangga Hartarto, Ketua Golkar di DPP MKGR, Senin (8/8/2022).

Saat raker dengan Menhub Budi Karya Sumadi dan Plt Dirjen Perhubungan Udara Nur Isnin Istiartono dan Sekjen Kemenhub Novie Riyanto, Cen meminta penambahan landas pacu menjadi 2.000 meter. Sehingga pesawat jenis Boeing dapat mendarat di Bandara Letung. Selain perpanjangan landas pacu, Cen juga mengupayakan penambahan penerbangan perintis ke sana.

cen sui lan, anggota fraksi golkar di komisi v dpr mendengarkan paparan kepala otoritas bandara wilayah sumatera II, membawahkan bandara letung, di kantor bupati anambas, kamis pekan lalu, saat reses tiga hari, rabu-jumat (3-5/8/2022)/foto via suaraserumpun

Subsidi Penerbangan Perintis

Skenarionya, lanjut Cen, dari sekali menjadi tiga kali sepekan. Untuk sementara, dengan menggunakan maskapai perintis sekarang. Sehingga menjawab penerbangan kebutuhan pariwisata Anambas. Pengembangan dilakukan secara paralel, infrastruktur dan moda transportasinya. Sebab pariwisata Anambas luar biasa.

Dengan penambahan tadi, Cen berharap Bandara Letung nantinya dalam setahun dapat melayani 60.000 pax penumpang. Cen juga berjanji, dengan kewenangan melekat diririnya sebagai anggota DPR, dia akan mengikhtiarkan penambahan anggaran subsidi penerbangan perintis ke Bandara Letung.

Tahun 2021, Cen mengaku subsidi penerbangan perintis ke Kepri dapat banyak. Tahun 2022 dan 2023, harapannya meningkat nilai subsidinya. Terutama menunjang pertumbuhan ekonomi dan pariwisata pascapandemi COVID-19.

Hadir Bupati Abdul Haris dan Wabup Wan Zuhendra, dan sejumlah pejabat tinggi pratama Kemenhub RI, Kementerian PUPR, BMKG dan Basarnas. Hadir juga pimpinan OPD Pemkab Anambas dan 70 staf Kementerian terkait serta tenaga ahli DPR melekat ke Cen Sui Lan.

(*)

Bagikan