Fri. Aug 12th, 2022

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Projo Puji Prabowo, Restu Jokowi Ke Prabowo-Ganjar Maju Pilpres 2024?

2 min read

jokowi dan prabowo

Projo Puji Prabowo, Restu Jokowi ke Prabowo-Ganjar Maju Pilpres 2024?

angkaberita.id - Relawan Pro Jokowi (Projo) menyebut Ketum Gerindra, Prabowo Subianto, sebagai calon presiden (capres) paling pasti untuk 2024. Gerindra merasa tersanjung. Belakangan Presiden Jokowi-Menhan Prabowo terlihat kian mesra dalam sejumlah kesempatan. Restu Jokowi ke Prabowo-Ganjar?

"Alhamdulillah kami tersanjung dan berterima kasih atas pernyataan Projo," ucap Waketum Gerindra, Habiburokhman, seperti dilansir detik.com, Rabu (3/8/2022). Dia menyebut Projo organisasi relawan besar dan berperan atas kesuksesan Presiden Jokowi. Pengalaman mreka membantu memenangkan Pilpres tak diragukan.

Karena itu, lanjut dia, jika Projo menyebut Prabowo Capres pasti, memang peluang Prabowo terhitung besar. Selain Nasdem, baru Gerindra telah menegaskan Capres mereka ke Pilpres. Sedangkan PKB, karena jumlah kursi DPR tak sebesar Gerindra, klaim Capres Muhaimin tak sekuat Prabowo.

Wajar, Jubir Gerindra itu, mengklaim sekarang momentum terbaik pencapresan Prabowo di Pilpres. Sebelumnya, Ketum Projo Budi Arie Setiadi menyebut Prabowo Capres paling pasti. "Pak Prabowo itu capres yang pasti, karena yang memenuhi syarat menjadi capres kuat ya Pak Prabowo," tegas Budi sembari menyebut lima alasan di baliknya.

Yakni, Ketum Gerindra dengan suara besar di DPR sehingga menjadi bekal presidential threshold di Pilpres 2024. Buktinya, Gerindra hanya perlu satu parpol koalisi memuluskan langkah Prabowo. Kedua, Prabowo dinilai menteri loyal dan patuh arahan Presiden Jokowi, dengan mengawal IKN.

Ketiga, sebagai Menhan dia menunjukkan komitmen membangun postur pertahanan baik. Empat, Prabowo punya modal popularitas tinggi. "Terakhir, Prabowo tidak menunjukkan ambisi dan fokus kerja loyal kepada Presiden Jokowi," beber Budi. Sinyalemen restu Jokowi ke Prabowo juga menguat sejak beberapa waktu terakhir, seiring sikap PDIP resisten terhadap Ganjar Pranowo, anak emas Projo.

Apalagi PDIP, disebut-sebut, berpeluang besar bergabung ke koalisi Gerindra, meskipun telah ada PKB di dalamnya. Koalisi PDIP-PKB sudah dibuktikan di hajatan Pilkada serentak di Tanah Air, termasuk di Kepri. Siapa duetnya? Selain Muhaimin, Ketum PKB seperti santer sejak keduanya sepakat berkoaliasi akhir Juni lalu, juga Ganjar Pranowo.

Pengakuan Projo terhadap Prabowo, dengan sendirinya sinyal ke Gerindra meresiprokal Ganjar, di tengah isu paket Prabowo-Jokowi. Analisisnya sederhana, jika kemudian Gerindra-PDIP berkoalisi, Projo terakomodasi di Ganjar, dan PDIP menuaikan janji Batutulis menjadikan Prabowo presiden. Terakhir, Gerindra juga tak alergi Ganjar.

Pada saat sama, Nasdem hampir pasti berkoalisi dengan Demokrat-PKS dengan mengusung Anies-AHY. Meski demikian, sejumlah analis politik tetap meyakini bakal terdapat tiga-empat koalisi Pilpres. Sekarang telah resmi tercatat di benak publik ialah KIB beranggotakan Golkar, PAN dan PPP serta Gerinda dan PKB.

(*)

Bagikan