Fri. Aug 12th, 2022

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Jangan Mimpi Bebas Keliling Eropa Tanpa Biaya Tambahan, Kenapa?

1 min read

ilustrasi negara anggota uni eropa via wahanatravel.co

Jangan Mimpi Bebas Keliling Eropa Tanpa Biaya Tambahan, Kenapa?

angkaberita.id - Mulai tahun 2023, jalan-jalan keliling Eropa, terutama negara di Uni Eropa, tak lagi bebas biaya. Pelancong dikenakan sejumlah biaya sebelum masuk ke negara tujuan. Kabar itu seiring kebijakan Uni Eropa menerapkan kebijakan ETIAS.

Per Mei 2023, seperti dilansir CNN Indonesia, Senin (27/6/2022) setiap pelancong non UE wajib memiliki ETIAS, meskipun berbeda dengan visa. Sistem ETIAS diklaim lebih cepat karena ngurusnya bisa daring dan tak terlalu memerlukan banyak informasi dari wisatawan. Hanya, untuk mendapatkannya, mereka dikenakan biaya pengurusan.

ETIAS sifatnya wajib bagi wisatawan non UE. Kebijakan ETIAS juga disebut bakal mempengaruhi 60 negara selama ini bebas visa ke UE, termasuk Amerika Serikat dan Inggris. Proses pengajuan ETIAS cepat, dan maksimal proses pengajuan selama sebulan. Sebanyak 95 persen pemohon ETIAS tak perlu waktu lama mendapatkannya.

Namun, siapapun mengajukan ETIAS ditolak, tak boleh mengajukan banding. ETIAS akan berlaku selama tiga tahun. Namun, wisatawan dilarang tinggal lebih dari 90 hari di blok secara keseluruhan, untuk setiap periode 180 hari.

(*)

Bagikan