Mon. Jun 27th, 2022

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Musim Penghujan, Ketua KPU Berikan Pesan Khusus Pemilu Ke Gubernur Ansar

2 min read

ketua kpu ri, hasyim asy’ari dan gubernur kepri ansar ahmad/foto via kabarbatam.com

Musim Penghujan, Ketua KPU Berikan Pesan Khusus Pemilu Ke Gubernur Ansar

angkaberita.id - Pekan lalu, Selasa (14/6/2022), genap 20 bulan hitung mundur jadwal dan tahapan Pemilu serentak 2024, termasuk Pilpres. Ketua KPU RI bela-belain datang ke Kepri demi menyamakan persepsi urusan penyelenggaran pemilu. Hasyim Asy'ari juga memberikan pesan khusus ke Gubernur Ansar.

Bertajuk Sosialisasi Tahapan Pemilu Dan Pilkada Serentak Tahun 2024, Hasyim didampingi dua komisioner KPU, Muhamad Afifudin dan Betty Epsilon Idros membahas sejumlah peta persoalan dan kondisi terkini tahapan pemilu di Tanah Air bersama jajaran Forkompimda Kepri.

Selain memaparkan kondisi Kepri, Gubernur Ansar juga memamerkan tren meningkatnya tingkat partisipasi pemilih di Bumi Segantang Lada kurun tujuh tahun terakhir. Ansar juga berjanji menyukseskan kerja jadwal dan tahapan KPU di Kepri, termasuk klaim pembahasan anggaran khusus sosialisasi Pemilu dan Pilkada 2024.

Pemilih di tepian Kepri, lanjut Ansar, bakal mendapatkan perhatian kepentingan itu. Begitu juga dengan pemilih pemula. Kepada mereka, Ansar berharap tren partisipasi politik ke Pemilu terus meningkat dibanding sebelumnya.

"Kita menyasar kaum milenial dan masyarakat pesisir hingga persentase pemilih diharapkan meningkat dari waktu ke waktu," beber Ansar, seperti dikutip Kabarbatam, Kamis (23/6/2022).

Apalagi, menurut Ansar, terdapat dua tahapan strategis di Pemilu 2924. Yakni, pendaftaran parpol dan pendaftaran calon anggota DPD. Keduanya perlu waktu pelaksanaan 18 bulan sebelum hari pemungutan suara. Sedangkan Hasyim blak-blakan, kedatangan mereka bukan sekadar koordinasi.

Namun, juga ingin memastikan persoalan distribusi logistik Pemilu di Kepri nantinya sesuai harapan. Sebab, KPU menjadwalkan pendistribusian di bulan November 2023 hingga Februari 2024 bertepatan dengan musim penghujan.

"Mohon dukungan Pemda dan Forkompimda upaya percepatan distribusi logistik," ujar Hasyim sembari merujuk geografi Kepri daerah kepulauan. Selebihnya, KPU memastikan segera membentuk PPS dan PPK mulai tahun ini.

(*)

Bagikan