Sun. Sep 25th, 2022

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Siapa Kena Resafel ‘Bersih-bersih’ Kabinet Jokowi-Makruf?

2 min read

presiden jokowi dan menhan prabowo subianto

Siapa Kena Resafel ‘Bersih-bersih’ Kabinet Jokowi-Makruf?

angkaberita.id - Sinyal resafel dari Mensesneg agaknya menjadi kenyataan. Presiden Jokowi dikabarkan bakal melantik sejumlah menteri dalam resafel terbaru, Rabu (15/6/2022) disebut-sebut resafel "bersih-bersih" kabinet setelah kegaduhan dalam setengah tahun terakhir.

Selasa (14/6/2022), seperti dilansir Kompas.com, Presiden telah bertemu sejumlah pembesar parpol, dan sejumlah nama. Dalam penanggalan Jawa, Rabu Pahing, hari ini, menjadi kebiasaan Presiden mengambil keputusan besar, termasuk resafel kabinet terakhir.

Siapa saja menteri dan pembesar parpol dipanggil ke Istana?

  1. Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi
  2. Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil
  3. Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo
  4. Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto
  5. Mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto
  6. Sekretaris Dewan Pertimbangan Partai Solidaritas Indonesia Raja Juli Antoni
  7. Wakil Ketua MPR sekaligus Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan
  8. Wakil Menteri ATR/BPN Surya Tjandra

Nasdem Terlempar?

Dari delapan nama, terdapat dua nama berasal dari Nasdem. Yakni, Mentan dan Menteri ATR. Sedangkan Mendag berasal dari kalangan profesional, meskipun mendapat sokongan PKB. Sedangkan Hadi Tjahjanto dan Zulkifli Hasan terus beredar sejak rumor resafel berembus hampir setahun terakhir.

Melihat daftar itu, untuk sebagian, jatah menteri dari Nasdem kemungkinan bakal berkurang demi mengakomodasi bergabungnya PAN ke koalisi. Selebihnya tak akan bergeser jauh dari prediksi sejumlah kalangan beberapa waktu terakhir.

Sebelum resafel, Presiden Jokowi dalam sejumlah kesempatan meluapkan kekecewaaan terhadap anggota kabinet, terakhir soal impor dan kelangkaan minyak goreng. Paling menarik, siapa kuat menggantikan Mendag Luthfi, Zulkifli Hasan atau Enggartiasto Lukito, masing-masing, jagoan PAN dan Nasdem. Siapa kena sabet resafel?

(*)

Bagikan