Mon. Jun 27th, 2022

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Heboh UAS: Kata Dubes Bukan Deportasi, Tapi Singapura Tolak Dia Masuk

1 min read

merlion, ikon singapura/foto via singaporetravellers.info

Heboh UAS: Kata Dubes Bukan Deportasi, Tapi Singapura Tolak Dia Masuk

angkaberita.id - Dubes RI di Singapura menjelaskan klaim Ustaz Abdul Somad (UAS) mendaku kena deportasi Imigrasi Singapura. Disebut, Singapura bukan mendeportasi UAS, tapi menolak kedatangan dia ke Singapura.

"Saya sudah minta penjelasan dari ICA (Otoritas Imigrasi dan pemeriksaan Singapura). Menurut mereka, ICA memang menetapkan not to land (tak boleh mendarat atau masuk)kepada UAS karena tidak memenuhi kriteria untuk eligible (memenuhi syarat) berkunjung ke Singapura," ungkap Suryopratomo, Dubes RI, seperti dilansir CNN Indonesia, Selasa (17/5/2022).

Hanya, lanjut Tommy sapaan akrab Dubes, ICA enggan menjelaskan detail kriteria penolakan tadi. Imigrasi Singapura juga tak bersedia memberikan keterangan terkait UAS, termasuk soal masuk daftar hitam atau tidak. Tommy menyatakan, keterangan lebih jelas kewenangan Kedubes Singapura di Jakarta. "Kewenangan itu sepenuhnya ada di Pemerintah Singapura," sebut Tommy.

NTL lazim diberlakukan pihak imigrasi terhadap WNA tak dikehendaki kedatangannya. Nota penetapan artinya WNA tadi ditolak masuk ke suatu negara. Senin (16/5/2022), UAS mengaku kena deportasi di Singapura. Dia curhat lewat akun Instagram. Dalam unggahannya, dia juga menyeratkan foto dan video. "UAS di ruang 1x2 meter seperti penjara di imigrasi, sebelum dideportasi dari Singapore," tulis UAS.

(*)

Bagikan