Tue. May 17th, 2022

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Rizki Gantikan Dewi, Kader MKGR Kembali Pimpin DPRD Kepri

2 min read

gubernur ansar ahmad dan rizki faisal usai pelantikan paw wakil ketua dprd kepri, kamis (12/5/2022)/foto diskominfo kepri via batam.tribunnews.com

Rizki Gantikan Dewi, Kader MKGR Kembali Pimpin DPRD Kepri

angkaberita.id - Rizki Faisal, kader MKGR, resmi menggantikan Dewi Kumalasari menjabat Wakil Ketua DPRD Kepri. Ketua Pengadilan Tinggi Pekanbaru memimpin langsung pelantikan politisi andalan Golkar di Kepri, Kamis (12/5/2022). Dia akan meneruskan masa jabatan Dewi hingga berakhir periode 2019-2024.

Pelantikan Rizki menyusul keluarnya SK Mendagri sekaligus kunci PAW tertanggal 7 April 2022. Surat persetujuan PAW berdasarkan Peraturan KPU No. 6/2017. Dengan naiknya Rizki, dia kembali menduduki jabatan serupa di periode sebelumnya, 2014-2019. Sebelum menggantikan Dewi, Rizki Ketua Komisi IV DPRD Kepri.

Ketua DPRD Jumaga Nadeak dan Gubernur Ansar Ahmad menghadiri pelantikan Rizki. Gubernur Ansar, usai pelantikan, mengklaim PAW Dewi dari kursi pimpinan DPRD Kepri atas permintaan dirinya. Dewi istri sekaligus Ketua TP PKK Kepri. Selama ini, Dewi juga rajin mendampingi Ansar turun ke kabupaten/kota. Terbaru ke Tambelan, Kabupaten Bintan.

"Supaya belia (Dewi) bisa bergerak lebih luas, atas permintaan saya, Ibu Dewi saya minta tukar posisi," kata Ansar, seperti dilansir TribunBatam, Rabu. Terlepas klaim Ansar, naiknya Rizki, untuk sebagian, menjadi bukti kian berpengaruhnya kader MKGR di Golkar Kepri. Ansar sendiri tercatat sebagai kader Kosgoro 1957.

Rizki, legislator Golkar Dapil Batam, kini juga menakhodai MKGR Kepri. Dengan kembali duduknya Rizki ke tampuk pimpinan DPRD Kepri, kini setidaknya terdapat tiga kader MKGR memimpin DPRD di kabupaten/kota di Kepri. Selain Rizki, kader MKGR menduduki pimpinan ialah Muhammad Yunus Muda di DPRD Batam dan Yusuf Sirat di DPRD Karimun.

Di level nasional, kader MKGR dengan sang patron Airlangga Hartarto. Ketua DPP MKGR, Adies Kadir mengklaim ormas berjuluk "Trikarya", bersama Kosgoro 1957 dan SOKSI, itu juga menjadi "faksi" terkuat di Fraksi Golkar DPR di Senayan. Kata Adies, legislator kader MKGR di Fraksi Golkar mencapai 40 persen.

Begitu juga di kepengurusan DPP Golkar dengan Ketum Airlangga Hartarto. Kader MKGR juga menduduki sejumlah posisi kunci, meskipun kader "Trikarya" lainnya juga kebagian posisi. Di level lembaga, kader Kosgoro 1957, Bambang Soesatyo menjadi Ketua MPR. Nah, selain Rizki di MKGR, omas "Trikarya" Golkar kendali di Kepri berada di Taba Iskandar, Ketua Kosgoro 1957, dan Ade Angga Ketua SOKSI.

Di Kepri, meskipun di hajatan Pilkada serentak 2020 kalah tipis dari Nasdem, dengan mendudukkan enam dari tujuh paslon diusung. Namun, Golkar terhitung berjaya di Kepri, jauh di atas parpol pesaingnya, dengan mendudukkan tujuh kadernya di delapan DPRD se-Bumi Segantang Lada, termasuk DPRD Kepri.

(*)

Bagikan