Sat. Apr 20th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Gerindra Gencar Mencari Pendamping Prabowo Ke Pilpres, Siapa Usulan Kepri?

2 min read

menhan prabowo subianto memberikan hormat kepadan presiden jokowi di suatu acara kenegaraan/foto via detikcom

Gerindra Gencar Mencari Pendamping Prabowo Ke Pilpres, Siapa Usulan Kepri?

angkaberita.id - Diam-diam Partai Gerindra telah mengantongi sejumlah nama kuat calon pendamping Prabowo Subianto, Capres mereka di Pilpres 2024. Nama tadi usulan dari pengurus Gerindra di daerah. Puan Maharani?

Ketua Harian Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad langsung mengunci rapat bibirnya. Dia hanya berkelit, nama usulan berasal dari pengurus hingga level pengurus cabang. "Sudah mulai banyak juga bermunculan (usulan cawapres) dari teman-teman dewan pimpinan cabang," kata Sufmi seperti dilansir merdeka.com, Rabu (11/5/2022).

Soal Puan, Sufmi enggan berspekulasi. Begitu juga dengan Ganjar Pranowo. "Nama-nama masih rahasia," kelit dia. Namun, dia berjanji nama usulan tadi akan dibicarakan dalam forum resmi internal di Gerindra. Kata Sufmi, Gerindra memang tengah konsolidasi menghadapi Pemilu 2024.

Dia juga memastikan Prabowo kembali dimajukan ke Capres nanti. Sikap itu, untuk sebagian, nenjadi dasar kemungkinan Gerindra sulit berkoalisi dengan Nasdem mendatang. Kemungkinan besar, masih berdasar survei, Gerindra menggadeng PDIP. Sebab, dalam sejumlah jajak pendapat, duet Prabowo-Puan terus muncul. Nama lainnya Ganjar-Erick dan Anies-AHY.

Puan sendiri, dalam kesempatan berbeda, memastikan PDIP akan mengusung Capres sendiri. Apalagi, mereka satu-satunya parpol berhak mengusung Capres tanpa perlu koalisi lantaran kursi DPR melebihi syarat presidential threshold sebesar 20 persen. Sedangkan Gerindra harus berkoalisi jika ingin Prabowo melenggang ke Pilpres mendatang.

Bagaimana dengan Kepri? Jika berkaca dari hajatan Pilkada serentak tahun 2020, Gerindra dan PDIP segendang sepenarian dalam sejumlah pencalonan, termasuk di Pilgub Kepri. Bahkan, kecuali Bintan, Gerindra-PDIP berkoalisi di enam Pilkada selebihnya, termasuk Pilwako Batam dan Pilbup Karimun.

(*)

Bagikan