Fri. Apr 19th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Haji 2022: Jemaah Kepri Harus Konfirmasi Ke Bank, Cek Keberangkatan Ke Kanwil Kemenag

2 min read

foto antara/reuters/spa via katadata.co.id

Haji 2022: Jemaah Kepri Harus Konfirmasi Ke Bank, Cek Keberangkatan Ke Kanwil Kemenag

angkaberita.id - Tahun 2022, berdasarkan kuota Kemenag, Kepri hanya akan memberangkatkan ratusan jemaah haji, dari sebelumnya ribuan. Selain jemaah tertunda keberangkatan tahun 2020, jemaah haji berangkat tahun ini juga harus berusia di bawah 65 tahun.

Nah, memudahkan jemaah haji, termasuk di Kepri, mengecek jadwal keberangkatan, Kemenag RI menyediakan laman khusus. Yakni, situas Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag, dengan alamat: haji.kemenag.go.id.

Namun, bila kesulitan mengakses situs tadi, jemaah haji dapat mengakses melalui: https://bit.ly/jemaahberhaklunas2022, khusus haji reguler. Dan, khusus jemaah haji khusus, mengakses lewat: https://bit.ly/jemaahkhusus2022.

Dari tautan tadi, akan keluar daftar calon jemaah haji, termasuk dari Kepri, berbentuk Pdf. Jemaah tinggal memilih saja. Dirjen PHU Kemenag, Hilman Latief mengatakan nama-nama calon haji berhak berangkat telah melalui proses verifikasi sesuai persyaratan Arab Saudi.

"Alhamdulillah, proses verifikasi daftar nama jemaah haji regular sudah selesai. Saya sudah terbitkan Keputusan Dirjen PHU terkait itu," ujar Hilman, seperti dilansir CNN Indonesia, Selasa (10/5/2022).

Dia menambahkan, daftar tadi telah dikirimkan ke Kanwil Kemenag di Tanah Air, termasuk Kepri. "Untuk segera ditindaklanjuti," perintah Hilman. Para calon jemaah haji telah masuk daftar harus konfirmasi per 9-20 Mei 2022 ke bank tempat mendaftar.

Seperti diketahui, Arab Saudi menetapkan kuota haji tahun ini, sebanyak 100.051 orang, terdiri 92.825 haji reguler, 7.226 haji khusus dan 1.901 kuota petugas haji. Padahal tahun 2019, kuota haji di Tanah Air tembus 200 ribu orang. Pengurangan akibat pandemi COVID-19 sejak 2020.

Nah, berdasarkan KMA, kuota haji Kepri tahun 2022 juga berkurang hingga tinggal sepertiga dari tahun sebelumnya. Keberangkatan mereka melalui Embarkasi Hang Nadim. Khusus Lingga, karena telah memiliki Perda Haji, Pemda menanggung seluruh biaya pemberangkatan pergi dan pulang ke embarkasi.

(*)

Bagikan