Sat. Apr 20th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Janji Investasi Ke Tanah Air, Elon Musk Dikabarkan Hendak Ke Kepri?

2 min read

kek galang batang, masa depan ekonomi kepri?

Janji Investasi Ke Tanah Air, Elon Musk Dikabarkan Hendak Ke Kepri?

angkaberita.id - Kecuali industri sawit dan pertambangan, sektor usaha di Tanah Air selama pandemi COVID-19 dua tahun terakhir tengkurap. Sebagai bukti, provinsi dengan penopang PDRB dari kedua sektor itu, untuk sebagian, cepat pulih. Termasuk Kepri?

Boleh jadi, sebagai gambaran, proyeksi optimistis BI Kepri pertumbuhan ekonomi di Bumi Segantang Lada tahun 2022 tembus 4,5 persen juga ada andil kedua sektor itu, meskipun tidak langsung. Rilis Kementerian Investasi/BKPM baru-baru ini, untuk sebagian, juga kian menguatkan asumsi itu.

Sebab, lima provinsi tertinggi aliran investasi selama pandemi, dua di antaranya identik dengan kedua sektor industri itu. Yakni, Riau dan Sulawesi Tengah. Sawit agaknya kian berkibar, meskipun harga migor di dalam negeri gonjang-ganjing. Begitu juga dengan dengan industri ekstraksi.

Khusus industri ekstraksi, kabar Elon Musk orang terkaya di dunia sekaligus pemain besar industri motor listrik Tesla bakal menggelontorkan duit investasi ke Tanah Air seperti mengomfirmasi masa depan ekonomi, untuk sebagian, juga berada di Kepri.

Kenapa? Sebab, seperti diungkapkan Dahlan Iskan, lewat kolom disway.id, itu suatu keniscayaan. Bahkan, kata Dahlan, Elon setelah bertemu empat mata dengan Luhut Pandjaitan disebut-sebut juga bakal segera ke Kepri.

Nah, Presiden Jokowi dikabarkan segera dijadwalkan ke Amerika Serikat kunjungan kenegaraan, termasuk menemui Elon. Seminggu sebelum kedatangan Jokowi, Dahlan menulis, Tim Tesla sudah akan tiba di Jakarta. Mereka akan menjadi tim pendahuluan sebelum nantinya Elon menjejakkan kaki.

Ada tiga calon lokasi tadi, yakni Weda Bay, Morowali, dan Bintan. Nama pertama identik industri nikel, bahan utama baterai mobil listrik. Morowali, lokasi pertambangan sekaligus smelter nikel. Sedangkan Bintan, tentu saja KEK Galang Batang. Nah, di ketiak Bintan tadi, bercokol PT BAI, smelter bauksit dengan hasil alumina.

Seperti nikel, baterai listrik dan tentu saja mobil listrik juga memerlukan aluminium, sebagai kerangka (body). Nah, kalau investasi Tesla jadi, artinya Kepri juga kebagian rezeki dari duit investasi ke pesanan alumina tadi.

Nah, dengan posisi seperti itu, Kepri dan Riau bakal kembali sengit bertarung, bukan hanya menjadi provinsi terkaya di Sumatera, tapi ke depan juga provinsi tujuan investasi terbesar di Negeri Swarnadwipa!

(*)

Bagikan