Mon. Jun 27th, 2022

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Bereskan Kemiskinan Ekstrem Kepri, Cen Bakal Jor-joran Dana Aspirasi Di Lingga

2 min read

cen sui lan terus berkeliling ke sekujur kepri menjemput aspirasi dan mendengarkan keluhan warga di bumi segantang lada. foto saat kunker di kabupaten natuna/ist

Bereskan Kemiskinan Ekstrem Kepri, Cen Bakal Jor-joran Dana Aspirasi Di Lingga

angkaberita.id - Tersengat data Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian PUPR, Cen Sui Lan langsung mengontak Bupati Lingga dengan menggeber sejumlah kerja infrastruktur, termasuk program bedah rumah di tahun 2022.

Jubir Kepri di DPR, Cen berjanji menggunakan kewenangan diskresi dan intervensi keanggotaan DPR menekan temuan kondisi kemiskinan ekstrem di kabupaten tapal batas selatan Kepri itu. "Saya kaget sekali, di provinsi saya, ada kabupaten masuk miskin ekstrem," ungkap Cen, baru-baru ini.

Temuan kondisi itu terungkat saat Cen dengar pendapat dengan BPIW Kementerian PUPR setelah Sekretariat Wapres RI meminta data kemiskinan di Tanah Air, khusus Kepri tercatat Kabupaten Lingga masuk kemiskinan ekstrem.

Tak menunggu lama, kepada Bupati Lingga, Cen segera menggeber sejumlah kegiatan infrastruktur di tahun 2022 di Negeri Bunda Tanah Melayu itu. Seperti PISEW, pengadaan PLTS, program halte laut dan program bedah rumah.

Dari laporan Rahman Arief Dienaputra, Kepala BPIW Kementerian PUPR, Cen mendapati data 212 KK di Lingga tergolong miskin ekstrem. Kepada mereka, Cen memprioritaskan masuk program aspirasi dirinya melalui Kementerian PUPR. "Melalui program BSPS atau bedah rumah pada tahun anggaran 2022 ini,” tegas anggota Komisi V DPR merujuk program bedah rumah.

Tak hanya itu, Cen juga mengupayakan intervensi mengentaskan kemiskinan mereka melalui program di Kementerian PUPR lainnya. Pendeknya, Cen bakal memperhebat ikhtiar pengentasan kemiskinan bersumber dana aspirasi melalui kementerian mitra di Komisi V DPR, terutama Kementerian PUPR.

“Mana yang bisa saya intervensi dengan dana program aspirasi saya, akan diintervensi. Juga melakukan intervensi dengan program PISEW yang juga berasal dari aspirasi saya, akan dialokasikan 3 program di sana,” kata Cen, tangan kanan Airlangga Hartarto di kepengurusan DPP Pengajian Al Hidayah.

Usai rapat dengan BPIW, Cen langsung memintas Bupati Lingga, Muhammad Nezar memberikan data 212 KK warga Lingga tadi lengkap dengan domisilinya. Berdasarkan data Pemkab Lingga, mereka tersebar di Kecamatan Senayang, Kecamatan Katang Bidare.

Kemudian Kecamatan Temiang Pesisir, Kecamatan Bakung Serumpun dan Kecamatan Kepulauan Posek,” sebut Cen Sui Lan. Cen juga meminta sejawatnya di DPRD Lingga, Sui Hiok berkoordinasi dengan tokoh masyarakat setempat lantara dia berasal dari Dapil tadi. "Agar tervalidasi dengan baik," harap Cen.

(*)

Bagikan