Fri. Apr 19th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

DESA: Cen Penuhi Janji Ke Natuna-Anambas, Tahun 2022 Realisasikan 150 Hunian Bedah Rumah

2 min read

cen dan menteri basuki/dokumentasi tim cen sui lan

DESA: Cen Penuhi Janji Ke Natuna-Anambas, Tahun 2022 Realisasikan 150 Hunian Bedah Rumah

angkaberita.id - Jubir Kepri di DPR, Cen Sui Lan memenuhi janjinya ke warga Natuna. Selain menjadwalkan turun ke Natuna, Kamis (3/3/2022), Cen juga membawa kabar rencana bedah rumah di Natuna dan Anambas tahun anggaran 2022. Keduanya, masing-masing, mendapatkan 150 hunian program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

Tahun lalu, kepada Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Cen meminta Kementerian PUPR sebagai instansi teknis merealisasikan bedah rumah dana aspirasi dirinya sebagai anggota Komisi V DPR di Natuna dan Anambas, agar kedua warga di tapal batas juga mendapatkan manfaat bantuan itu. "Rencana masing-masing (Natuna-Anambas) 150 unit," ungkap Cen, Senin (28/2/2022).

Pengerjaan, lanjut Cen, menunggu surat keputusan Dirjen Perumahan Kementerian PUPR. Mekanismenya, Cen akan meneken daftar penerima bedah rumah. Selanjutnya, data mereka masuk ke Ditjen Perumahan menunggu SK. "Lagi proses," ungkap Cen. Penerima, seperti juga program serupa tahun 2021, menyasar kalangan kurang mampu.

Tahun lalu, Cen merealisasikan 2.000 hunian bedah rumah di Kepri, dan tersebar di lima kabupaten/kota. Sebagian telah serah terima, sebagian lagi telah rampung namun Cen belum sempat menyerahkan ke warga penerima secara simbolis. Khusus Natuna, sejumlah program infrastruktur kepentingan tapal batas digeber tangan kanan Airlangga Hartarto di DPP Pengajian Al Hidayah itu.

Tahun 2021, Cen menyodorkan data, tercatat sejumlah kegiatan infrastruktur dukungan pendanaan aspirasi dirinya. Seperti program bantuan Lembaga Pendidikan Keagamaan (LPK) berupa penyediaan MCK. Kemudian Pamsimas, alias penyediaan air bersih. Ada juga proyek Jembatan Gantung dan pembangunan jalan nasional tersebar di sejumlah ruas serta pembangunan dermaga.

Tahun 2022, Cen di Natuna mengawal sejumlah kegiatan infrastruktur di sejumlah kemeterian/lembaga negara mitra kerja Komisi V. Yakni, pembangunan Desa Wisata program Kemendesa, pengadaan dan pembangunan Radar MS2 kelolaan BMKG kepentingan cuaca dan pertahanan.

Lalu pembangunan Kantor SAR Natuna, apalagi belum lama ini juga bertambah personel SAR perbatasan. Juga pembangunan turap, atau jaring pengaman, pantai. "(Kita) ikhtiarkan mem-back up daerah perbatasan," kata Cen sembari menjelaskan, realisasi melalui APBN.

(*)

Bagikan