Mon. Jun 27th, 2022

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Musim COVID-19, Kepri Empat Besar Provinsi Konsumen Barang Modal!

1 min read

pelabuhan batuampar menjadi gerbang penggerak perekonomian di kepri lewat ekspor/foto pt pelindo 1 via maritimenews.id

Musim COVID-19, Kepri Empat Besar Provinsi Konsumen Barang Modal!

angkaberita.id - Kendati tak seperti kondisi sebelum pandemi COVID-19, sejumlah provinsi di Tanah Air masih berkontribusi besar bagi Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) ke Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). Kepri termasuk besar sumbangsihnya, meski tak setinggi Maluku Utara.

Seperti dilansir Katadata mengutip data BPS, Maluku tercatat provinsi dengan kontribusi komponen PMTB terbesar ke PDRB berdasarkan pengeluaran, yakni 64,19 persen pada kuartal III 2021. Bahkan, jauh di atas komponen pengeluaran komsumsi rumah tangga, yakni 44,55 persen.

Nusa Tenggara Timur kedua, dengan kontribusi PMTB Sebesar 49,72 persen. Sulawesi Tengah dan Kepri, menyusul di urutan tiga dan empat besar nasional, masing-masing, sebesar 45,62 persen dan 43,73 persen. Papua mengunci posisi lima besar dengan PMTB 42,89 persen.

Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) merupakan pengeluaran untuk barang modal dengan umur pemakaian lebih dari satu tahun dan tidak merupakan barang konsumsi. PMTB mencakup bangunan tempat tinggal dan bukan tempat tinggal, bangunan lain seperti jalan dan bandara, serta mesin dan peralatan.

PMTB, biasanya, menjadi indikator pengukur seberapa besar investasi berkontribusi terhadap perekonomian suatu daerah. Terakhir, barang modal beda dengan belanja modal. Kemenkeu RI memiliki klasifikasi sendiri, meskipun belanja modal juga menjadi komponen PDRB.

(*)

Bagikan