Wed. Feb 21st, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Membendung COVID-19 Omicron Dari Luar Negeri, Kemenag Tunda Umrah Tahun Depan!

1 min read

benarkah pandemi covid-19 merupakan wabah perkotaan?/ilustrasi via kompas.com

Membendung COVID-19 Omicron Dari Luar Negeri, Kemenag Tunda Umrah Tahun Depan!

angkaberita.id- Pemerintah melalui Kemenag memutuskan menunda pemberangkatan jamaah umrah di Tanah Air tahun 2021 menjadi tahun depan. Keputusan demi mewaspadai penularan COVID-19 varian Omicron dari luar negeri. Sebelum keputusan, Kemenag telah berunding dengan Penyelenggaran Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU).

Hilman Latief, Dirjen Penyelenggaran Haji dan Umrah Kemenag, menjelaskan keputusan demi perlindungan jamaah di tengah pandemi COVID-19. "Terlebih setelah adanya varian baru Omicron. Untuk itu, keberangkatan jemaah umrah kembali ditunda hingga awal 2022. Kita berharap kondisi segera membaik," kata Hilman, seperti dilansir detikcom, Sabtu (18/12/2021).

Dia menambahkan, secara umum, asosiasi PPIU mendukung penundaan, meskipun terdapat kekecewaan akibat telah tertunda lama rencana pemberangkatan umrah. Namun semua memahami kondisi pandemi belum usai. "Ada harapan agar tetap ada pemberangkatan, meski jumlahnya diperkecil. Namun secara umum asosiasi PPIU memahami dan menaati imbauan untuk tidak ke luar negeri," kata Hilman.

Mereka juga berharap, keputusan serupa juga berlaku bagi seluruh rencana penerbangan ke luar negeri lainnya, tidak hanya ibadah umrah. Hilman menegaskan, sebagai regulator dan pengawas PPIH, Kemenag harus berkoordinasi dengan semua pihak lainnya, demi penyelenggaraan ibadah haji dan umrah aman dan sehat.

(*)

Bagikan