Thu. Dec 2nd, 2021

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Resafel Kabinet Jokowi-Makruf, Durian Runtuh Politisi Kepri?

2 min read

asman abnur, anggota dpr ri dapil kepri sekaligus waketum pan digadang-gadang kembali masuk kabinet presiden jokowi/foto via kumparan.com

Resafel Kabinet Jokowi-Makruf, Durian Runtuh Politisi Kepri?

angkaberita.id - Presiden dikabarkan segera meresafel kabinet pekan-pekan ini. Sejumlah nama dirumorkan masuk dalam rencana resafel kedua Jokowi-Makruf, termasuk petinggi parpol dari Kepri. Disebut ada empat alasan di balik kabar resafel itu, termasuk tahun politik.

"Kalau saya menduga sih bakal ada reshuffle ya dalam waktu, saya nggak tahu waktunya tapi akan ada reshuffle dalam beberapa waktu ke depan," kata Arya Fernandes, Kepala Departemen Politik CSIS, kepada detikcom, Minggu (7/11/2021).

Pertama, pergantian Panglima TNI. Presiden disebut bakal mendudukkan Hadi Tjahjanto di kabinet setelah menyerangkan tongkat komando ke Jenderal Andika Perkasa pekan lalu. Kedua, kabinet Jokowi-Makruf sudah masuk tahun ketiga, saatnya evaluasi kinerja. Ketiga, bergabungnya PAN ke koalisi pemerintah, dengan menyisakan Demokrat-PKS di kubu oposisi.

Terakhir, tahun politik. Parpol ada kecenderungan persiapan Pemilu 2024. Apalagi diklaim Presiden Jokowi memberikan lampu hijau Pilpres Februari 2024. Jokowi diduga akan meminta komitmen menteri fokus menyelesaikan tugas, tak terbelah urusan partai.

"Saya kira ini kan dalam beberapa waktu ke depan kan sudah masuk tahun politik, di mana partai sudah persiapan pemilu dan konsolidasi partai," papar Arya. Terbaru, kabar resafel kian menguat, bahkan disebut pekan ini, seperti dilansir merdeka.com, Senin (21/11/2021), seiring rumor Menhub Budi Karya Sumadi mengundurkan diri karena alasan kesehatan.

Pada saat sama, Presiden Jokowi meneken Perpres penambahan wakil menteri lagi. Sirkumtansi itu, untuk sebagian, menjadi prakondisi resafel nantinya. Apalagi PAN disebut bakal mendapatkan satu kursi menteri dan dua wakil menteri. Selain Menhub, sejumlah nama juga mengencang kena resafel, termasuk Menko PMK Muhadjir Effendy.

Durian Runtuh Kepri

Jika skenario PAN benar mendapatkan satu kursi dan dua wakil menteri, untuk sebagian, bakal menjadi durian runtuh politisi di Kepri. Sebab, meskipun Ketum PAN Zulkifli Hasan membantah menyodorkan nama, tapi sudah menjadi rahasia umum tiga nama disiapkan besan Amien Rais ke Presiden Jokowi.

Yakni, Zulkifli Hasan, Asman Abnur dan Eddy Suparno. Ketiganya petinggi PAN, masin-masing, Ketum, Waketum dan Sekjen. Asman merupakan anggota DPR RI Dapil Kepri. Jika dia menjabat wakil menteri kelak, artinya bakal ada PAW pengusaha SPBU di Kepri, meneruskan masa jabatan tersisa.

Itu, untuk sebagian, artinya durian runtuh bagi peraih suara terbanyak kedua di PAN pada Pileg 2019, meskipun bagi Asman terasa "turun kelas" sebab dirinya pernah menjabat MenPAN dan Reformasi Birokrasi di kabinet Jokowi-Kalla sebelum mundur karena PAN merapat ke Prabowo Subianto di Pilpres 2019.

Berdasarkan data KPU, saat Pileg 2019 parpol berlambang matahari itu mencalonkan empat nama sebagai Caleg. Asman berada di nomor urut pertama. Kecuali Derry Purnamasari, seluruh Caleg berdiam di Kepri, meskipun Dery juga asli Bumi Segantang Lada karena lahir di Tanjungpinang. Dia putri Bupati Natuna 2016-2021, Hamid Rizal. Jejak resafel di Tanah Air, juga panjang dan naik turun proses politiknya, meskipun ujungnya kompromi.

(*)

UPDATE: Terjadi Kekeliruan Penulisan, Asman Abnur Tertulis Sebagai Anggota DPD RI. Seharusnya Asman Anggota DPR RI Empat Periode Dapil Kepri. Redaksi Menyunting Ulang Sebagian Informasi. Kekeliruan Telah Diperbaiki. Terima Kasih

Bagikan