Tue. Sep 21st, 2021

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Cen Turun Tangan Ke Menteri, Usulan Revitalisasi Pasar Baru I Pinang Terkabul

2 min read

anggota komisi infrastruktur dpr, cen sui lan bersama walikota rahma meninjau kondisi pasar baru tanjungpinang. usulan revitalisasi pasar baru dikabulkan kementerian perdagangan dan kementerian pupr bakal merevitalisasi pada apbn tahun 2022/foto via hariankepri.com

Cen Turun Tangan Ke Menteri, Usulan Revitalisasi Pasar Baru I Pinang Terkabul

angkaberita.id - Jadi Jubir Kepri di DPR, Cen Sui Lan agaknya paham pentingnya berbagi perhatian kepada Dapil. Setelah Batam, anggota Fraksi Golkar, itu juga memperjuangkan Tanjungpinang. Terbaru, pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR dikabarkan segera merevitalisasi Pasar Baru I.

Sebagai bukti, seperti dilansir hariankepri, Menteri Perdagangan bersurat ke Menteri PUPR. Lewat surat bernomor 746/M-DAG/SD/9/2021 per 13 September 2021, Menteri M Luthfi memohon kepada Menteri Basuki Hadimulyono merevitalisasi pasar, termasuk Pasar Baru I di Tanjungpinang. Usulan berdasarkan surat Walikota Tanjungpinang Nomor 510/455/5.12.02/2021 tanggal 22 Maret 2021, permohonan revitalisasi senilai Rp 64 miliar.

Cen Sui Lan, anggota DPR Dapil Kepri mengonfirmasi surat Menteri Luthfi. “Sebelumnya kami sudah bolak-balik mengintervensi agar revitalisasi pasar itu bisa dibangun. Pada akhirnya sudah mulai terlihat progresnya dari pemerintah pusat. Intervensi ini dalam arti positif ya,” kata anggota Komisi V DPR, Senin (13/9/2021).

Menurut Cen, surat permohonan dari Mendag diperlukan lantaran anggaran revitalisasi pasar di atas Rp 12 miliar. “Kalau di bawah Rp 12 miliar pembangunannya dari Kemendag," kata Cen. Dia menjelaskan, fungsi pembinaan pasar berada di Kemendag, tapi fungsi pembangunan di Kementerian PUPR.

Dia menambahkan, sebagai mitra kerja Kementerian PUPR di Komisi V DPR, dirinya juga bersurat serupa ke Menteri Basuki. "Surat itu saya akan tandatangani dan tujukan kepada Kementerian PUPR, karena lokasi pembangunannya ada di Dapil saya,” terang Cen, tangan kanan Airlangga Hartarto, Ketum Golkar di kepengurusan DPP MKGR.

Sehingga pembahasan nantinya, anggaran revitalisasi tadi masuk ke RKA Kementerian PUPR. Maka, saat diajukan Kementerian PUPR, tinggal disetujui Komisi V DPR. “Memang dari kemarin revitalisasi pasar (Tanjungpinang) ini menjadi konsentrasi saya agar tetap bisa dibangun, karena saya Dapil Kepri, tentu ini harus saya perjuangkan,” tutur PAW Ansar Ahmad saat maju ke Pilgub Kepri 2020 lalu.

Pengerjaan nantinya dibebankan ke APBN 2022. “Yang akan membangun Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, dan yang melaksanakan di lapangan Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kepulauan Riau,” sebut Cen. Pasar Baru I sendiri dibangun pada 1992. Terpisah, Wali Kota Tanjungpinang, Rahma mengapresiasi kerja nyata Cen.

“Saya apresiasi beliau telah memperjuangkan ini. Sekitar 6 bulan lalu kami turun bersama meninjau ke pasar, setelah itu beliau bawa ke pusat dan dikabulkan kementerian terkait,” kata Rahma. Dia menambahkan, Pemko telah mengajukan revitalisasi sejak 2019, namun baru kali ini mendapatkan sinyal positif.

“Alhamdulillah, berkat Ibu Cen Sui Lan yang bisa dibilang terhitung baru masuk DPR RI, tapi sudah mampu berbuat untuk masyarakat Kepri, khususnya Kota Tanjungpinang,” tegas Rahma. Di Tanjungpinang, selain Pasar Baru I dan II, juga terdapat Pasar Potong Lembu dan Pasar Bintan Centre. Keempatnya termasuk pasar tradisional.

(*)

Bagikan