Fri. Apr 26th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Pandemi COVID-19 Bikin Calon PM Singapura Menyerahkan Jabatan. Kenapa?

2 min read

Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dan calon penggantinya Deputi Perdana Menteri yang juga Menteri Keuangan Heng Swee Keat/foto PAP via kompas.com

Pandemi COVID-19 Bikin Calon PM Singapura Menyerahkan Jabatan. Kenapa?

angkaberita.id – Suksesi kepemimpinan di Singapura agaknya tak semulus seperti harapan menyusul mundurnya Heng Swee Keat, Menkeu sebagai calon pengganti PM Lee Hsien Long, per 8 April. Bukan semata usia, Heng juga mundur lantaran pandemi COVID-19 meskipun tetap bertahan di Kabinet Lee.

Laman The Economist, dalam edisi terbaru pekan ini, menulis drama suksesi di Negeri Singapura, itu dengan tajuk “Singapore’s prime-minister-in-waiting gives up the job”. Keputusan Heng (60), tulis laporan itu, bukan semata alasan usia. Namun juga terkait keputusan PM Lee Hsien Loong menunda “penyerahan” tongkat estafet kepemimpinan akibat situasi COVID-19 di Singapura.

Sedianya Heng bakal menggantikan Lee menjadi PM Singapura saat putra sulung PM Lee Kwan Yew, itu berusia 70 tahun, pada Februari 2022 mendatang. Namun rencana itu berubah setelah PM Lee memutuskan menunda dirinya lengser keprabon berdalih pandemi COVID-19. Keputusan itu memaksa Heng pada kesimpulan, penundaan membuat dirinya tak memiliki cukup waktu mempersiapkan diri.

Karena, tulis The Economist, jika menunggu pandemi beres, boleh jadi lima tahun dari sekarang, “Terbatas kesempatan saya”. PM Lee, seperti dilansir CNBC Indonesia mengutip The Strait Times, menghormati keputusan sang wakil. “Saya berterima kasih atas keputusan tanpa pamrih Anda untuk mundur,” tegas Lee.

Meskipun bertahan mendampingi Lee sebagai Wakil Perdana Menteri Singapura, Heng seperti ditulis SCMP di Hongkong, tidak akan mempertahankan jabatan menteri keuangan pada resafel mendatang. Jika tetap bertahan, Heng akan menjadi PM tertua di Singapura saat pelantikan, dengan asumsi lima tahun dari sekarang, pada 2025.

Saat itu, dirinya berusia 65 tahun. Sedangkan tiga PM Singapura terakhir sejak berpisah dari Malaysia pada 1965, memulai jabatan di usia jauh lebih muda. Lee Kuan Yew, PM Singapura pertama menakhodai Negeri Singa saat berusia 35 tahun.

Goh Chok Tong, PM Singapura kedua, berumur 49 tahun. Terakhir, Lee Hsien Loong meneruskan jabatan sang ayah di usia 52 tahun. Kini Lee berusia 69 tahun, dan tahun depan berencana mundur. Heng ditunjuk sebagai calon penerus PM Lee pada akhir 2018, dipertegas dengan jabatan Wakil PM Pada Mei 2019. Heng menjabat Menkeu sejak 2015. (*)

Bagikan