Sat. Jul 27th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Proyek Bandara Hang Nadim: Incheon Cangkokkan Teknologi AirCuss, Kerahkan Bintang K-Pop

2 min read

desain pengembangan bandara hang nadim konsorsium incheon korea selatan. foto ilustrasi rilis kantor berita korea selatan yonhap/foto via yna.co.kr

Proyek Bandara Hang Nadim: Incheon Cangkokkan Teknologi AirCuss, Kerahkan Bintang K-Pop

angkaberita.id – Tak hanya menggelontorkan duit sebesar Rp 2 triliun lebih, pihak Incheon International Airport Corporate (IIAC) juga akan mencangkokkan sistem manajemen operasional dan IT kebandaraan-nya ke Bandara Hang Nadim. Sehingga, bukan hanya moderen, Bandara Hang Nadim juga benar-benar siap menantang Bandara Changi Singapura.

Dengan teknologi Airport Common User System (AirCuss), nantinya keseluruhan sistem pengangkutan penumpang dan kargo terintegrasi dalam satus platform, namun dengan server masing-masing secara otomatis. Sehingga penumpang dapat menentukan sendiri kapan terbang, check in, pengurusan bagasi dan seterusnya.

Selain efisien, teknologi AirCuss juga efektif menekan antrean terbang. Nah, melengkapi kecanggihan itu, pihak IIAC juga bakal memasarkan kenyamanan dan keamanan terbang dari Bandara Hang Nadim dengan strategi a la K-Pop, dengan melibatkan sejumlah pesohor Negeri Gingseng.

Pihak IIAC juga bakal menjadikan proyek Bandara Hang Nadim succes stories dengan mengerahkan seluruh “amunisi” Korea Selatan, menjadikan Hang Nadim hub internasional demi memikat trafik kargo dari Amerika dan Eropa transit di Batam untuk kemudian melanjutkan penerbangan ke Australia.

Terpilihnya IIAC bukannya kebetulan. Karena, memang sejak lama Korsel kesengsem dengan Bandara Hang Nadim. Bahkan, sejak tahun 2015 pihak IIAC telah bolak-bolak ke Batam, termasuk studi awal, termasuk skema kerjasama pengoperasian.

Hasilnya, pada 19 Maret lalu, BP Batam menetapkan konsorsium PT Angkasa Pura I, IIAC dan PT Wjaya Karya menjadi pemenang tender proyek senilai hampir Rp 7 triliun itu. Akhir tahun ini, konsorsium telah memulai pengerjaan tahap awal dan dijadwalkan tuntas pada tahun 2024.

Bagi IIAC, pembangunan dan pengembangan Bandara Hang Nadim menjadi proyek pengembangan dan pengoperasioan pertama di luar negeri. President & CEO Incheon International Airport Corporation Kim Kyung-wook mengatakan, pihaknya akan mengembangkan Bandara Hang Nadim Batam berbekal kesuksesan mengelola Bandara Incheon.

“Selain itu, Indonesia merupakan salah satu mitra penting Pemerintah Korea Selatan. Maka kami harap proyek ini akan memperkuat kerja sama antara Indonesia dan Korea Selatan di bidang pengembangan infrastruktur,” jelas Kim.

(*)

Bagikan