Thu. Jul 29th, 2021

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Ada Pulau ‘Perawan’ di Natuna, Paling Banyak di Kecamatan Serasan. Kenapa?

1 min read

gugusan kepulauan pembentuk kabupaten natuna dari citra satelit penginderaan jarak jauh/foto via kementerian kelautan dan perikanan

Ada Pulau ‘Perawan’ di Natuna, Paling Banyak di Kecamatan Serasan. Kenapa?

angkaberita.id– Kendati berada di gerbang terluar nusantara, ternyata belum semua pulau di Kepri berpenghuni. Berdasar data 2016, setidaknya ada 1.403 pulau di Kepri masih ‘perawan’ alias belum berpenghuni. Pekerjaan rumah bagi kepemimpinan baru di kabupaten kaya sumber migas itu?

Sebagian di antaranya berada di Kabupaten Natuna. Selain jauh dari pusat pemerintahan, juga tidak ada sumber kehidupan di pulau itu. Dari 154 pulau di Kabupaten Natuna, per 2017 baru tercatat 27 pulau berpenduduk, selebihnya masih ‘perawan’ dan tersebar di 13 kecamatan.

Dari jumlah 127 pulau ‘perawan’, paling banyak berada di Kecamatan Serasan. Yakni, sebanyak 30 pulau. Kecamatan Serasan sendiri memiliki sebanyak 34 pulau, dan baru 4 pulau yang berpenduduk.

Menyusul kemudian Kecamatan Subi dan Kecamatan Bunguran Barat, masing-masing dengan 16 dan 13 pulau belum berpenghuni. Jarak ibukota kecamatan ke Ranai, ibukota Kabupaten Natuna memang tidak dekat. Kecamatan Serasan Timur semisal, lokasi ibukotanya 180 kilometer dari Ranai.

Secara nasional, mengacu data 2014 hampir 70 persen pulau di tanah air belum berpenghuni. Empat tahun berselang, pemerintah melalui Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri telah memverifikasi keberadaan pulau itu, bahkan telah memberinya nama. Pada 2018, pemerintah telah mendaftarkan sebanyak 16.056 pulau ke PBB. Pulau ini tersebar di 33 provinsi, termasuk Kepri. (*)

Bagikan