Wed. May 19th, 2021

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Pandemi COVID-19: Bukan Lagi Avanza, Kenapa Diler Mobil Antre Berburu Brio?

2 min read

selama pandemi covid-19, konsumen tak lagi melirik avanza sebagai mobil idaman, justru brio berdasarkan data penjualan per oktober di gaikindo. kenapa?/foto via detikcom/fuad hasim

Pandemi COVID-19: Bukan Lagi Avanza, Kenapa Diler Mobil Antre Berburu Brio?

angkaberita.id – Pandemi COVID-19 benar-benar mengubah peta jualan mobil di tanah air. Berbeda dengan kondisi tahun-tahun sebelumnya, kini mobil pabrikan Toyota tak lagi menjadi impian konsumen di tanah air. Sebaliknya mereka beralih ke Honda. Kenapa?

Jika selama ini Toyota, dengan Avanza menjadi andalan pendongkrak penjualan di tanah air, namun sejak pandemi menghajar negeri ini selama lebih dari delapan bulan terakhir, peta itu berubah. Pada Oktober 2020 semisal, Toyota Avanza bukanlah mobil terlaris di tanah air.

Berdasarkan data penjualan wholesales (distribusi dari pabrik ke dealer) dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), seperti dilansir detikcom, per Oktober 2020, mobil terlaris di tanah air ialah Honda Brio. Kolaborasi Honda Brio RS dan Honda Brio Satya memaksa Avanza menyingkir sementara. Penjualan keduanya membukukan 4.785 unit.

Nah, Honda sendiri merilis mobil city car dan LCGC generasi kedua hasil pengembangan terbaru itu, sebagai jawaban atas kebutuhan. Di posisi kedua, ada Daihatsu Granmax. Gabungan Daihatsu Granmax minibus dan pikap ke pembeli di diler-diler mobil di tanah air, sebanyak 3.720 unit.

Suzuki tertolong dengan pikap Suzuki Carry sekaligus menempel keduanya di posisi ketiga, dengan penjualan sebanyak 3.369 unit. Posisi keempat ada Toyota Rush dengan penjualan sebanyak 3.277 unit.

Nah, Toyota Avanza harus mengunci di lima besar, dengan penjualan sebanyak 2.891 unit. Kendati demikian, kondisi itu tetap menggambarkan betapa dominannya mobil pabrikan Jepang di pasar tanah air. Kondisi serupa juga terjadi di Amerika Serikat. Pabrikan Jepang, melalui Toyota dan Honda, juga tak bisa dipandang sebelah mata.

Bahkan, berdasarkan data Forbes, meskipun turun dibandingkan periode tahun 2019, penjualan semester pertama tahun 2020 alias selama pandemi COVID-19, dua pabrikan itu sanggup bertengger di lima besar, melalui merek Toyota RAV4 dan Honda CRV. Khusus kelas sedan, Honda Civic malah menjadi juara di Negeri Paman Sam. (*)

Bagikan