Sat. Jul 4th, 2020

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

BRI-Taspen Kepincut PNS, Siapkan ‘Kios Warga’ Persiapan Pensiun

2 min read
bank bri dan pt taspen kepincut dengan aparatur sipil negara (asn) dan menyiapkan terobosan kewirausahaan persiapan pensiun kios warga/foto via bangka.tribunnews.com

BRI-Taspen Kepincut PNS, Siapkan ‘Kios Warga’ Persiapan Pensiun

angkaberita.id– Bagi industri keuangan, Aparatur Sipil Negara (ASN) agaknya menjadi ceruk pasar menggiurkan. Terbaru, PT Taspen dan Bank BRI menghadirkan terobosan prekreditan persiapan hari tua, bertajuk Kios Warga.

Kios Warga merupakan sinergi program kewirausahaan kedua BUMN demi kesejahteran ASN di hari tua agar lebih mandiri secara keuangan saat pensiun. Secara virtual, program itu diluncurkan di Jakarta dan dihadiri Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki, Direktur Utama Taspen A.N.S Kosasih dan Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto.

Teten mengapresiasi terobosan itu dan menyebutnya selaras dengan kebijakan pemberdayaan UMKM di tanah air. Saat ini, pemerintah sebutnya gencar mendorong produk-produk Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (KUMKM) melalui gerakan Bangga Buatan Indonesia.

“Kios/warung diharapkan menjadi bagian dari gerakan program tersebut dengan menyediakan ruang bagi penjualan produk-produk KUMKM,” kata Teten seperti dilansir CNBC Indonesia, Rabu (10/6/2020).

Dalam pelaksanaan nantinya, Taspen menggandeng Bank BRI dan PT Jaringan Sistema Semesta (JSS), dan Taspen berperan mengedukasi ASN, calon pensiunan dan pensiunan ASN untuk dapat berwirausaha.

Bank BRI berperan memfasilitasi pembiayaan usaha Kios Warga melalui produk BRIGUNA Kios Warga dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) BRI dengan persyaratan mudah dan ringan berikut sistem pembayarannya.

Sedangkan PT JSS berperan sebagai distributor penyedia barang, mempersiapkan kiosnya itu sendiri, baik secara fisik maupun mengisi produk-produknya. Kini terdapat 50 titik Kios Warga di seluruh tanah air, dan akan bertambah seiring penambahan peminat program itu. BRI juga memberikan kesempatan peserta Kios Warga menjadi agen BRILink.

Produk di Kios Warga nantinya juga didukung produk unggulan UMKM binaan Bank BRI. “Melalui produk dan layanan optimal dan berkualitas, Bank BRI berkomitmen untuk menjadi one stop financial services bagi Taspen dan ASN di seluruh Indonesia,” kata Catur. (*)

Bagikan