Fri. Jul 19th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Prioritaskan PDP Dan OTG, Lab Uji Swab COVID-19 Batam Beroperasi

1 min read

spesimen pengujian swab test dengan metode pcr/foto ilustrasi via biohybridlab.wordpress.com

Prioritaskan PDP Dan OTG, Lab Uji Swab COVID-19 Batam Beroperasi

angkaberita.id– Modal Kepri menahan gempuran pandemi COVID-19 bertambah seiring siap beroperasinya alat uji swab di Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Pengendalian Penyakit Publik (BTKLP3) Batam.

Bahkan, alat ini langsuang difungsikan hari ini dengan menguji sampel pasiden dalam pengawasan (PDP) dan orang tanpa gejala (OTG) dari sekujur Kepri. “Hari ini (pengujian sampel swab) sudah mulai,” ungkap Didi Kusmarjadi, Kepala Dinas Kesehatan Batam, dalam rilisnya, Minggu (12/4/2020).

Dia menambahkan, sampel masuk di antaranya dari PDP dan OTG kontak dekat dengan kasus positif COVID-19. “Itu akan diperiksa dulu,” jelasnya. Alat PCR bantuan Pemerintah Singapura itu memenuhi persyaratan pengujian standard Biosafety Level 2.

Peranti bermerek Biorad seri CFX96 dapat menguji dengan hasil real time. Alat itu sendiri sebenarnya sudah di Batam beberapa hari lalu, namun belum dioperasikan lantaran masih terdapat sejumlah belum tersedia bahan pengujian seperti reagen.

mesin swab tes pengujian berbasis rantai genetika/foto via detik.com

“Alhamdulillah, kemarin sudah sampai dari kementerian (bahan reagen) walau belum banyak,” ujar Slamet Siswanto, Kepala BTKLP3 Batam. Dia mengatakan, bahan kiriman itu dapat digunakan menguji sebanyak 200 sampel.

Meski demikian, pihaknya berharap Pemko Batam dan Pemprov kepri dapat membantu dengan menyediakan reagen dan bahan lainnya demi kesinambungan pengujian swab test pandemi COVID-19 di Kepri. (*)

Bagikan