Wed. Apr 21st, 2021

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Kekerasan Terhadap Perempuan Menjadi-jadi, Tahun 2019 Tertinggi

1 min read

kasus kekerasan terhadap perempuan sepanjang 2019 banyak terjadi di tempat tinggal. ironisnya lembaga pendidikan di negeri ini juga tak steril dari kasus seperti ini/foto via mitrawacana.or.id

Kekerasan Terhadap Perempuan Menjadi-jadi, Tahun 2019 Tertinggi

angkaberita.id – Kasus kekerasan terhadap perempuan di tanah air belum surut. Bahkan, jumlah laporan kekerasan selama 11 tahun terakhir cenderung meningkat. Seperti ditulis Katadata mengutip data catatan kekerasan terhadap perempuan (CATAHU), tahun 2019 terjadi 431.471 kasus.

Dibanding kasus tahun 2008, terjadi peningkatan hampir 700 persen, persisnya 693 persen. Disebut, persentase itu tak ubahnya fenomena gunung es. Artinya, bisa jadi lebih banyak kasus tidak dilaporkan. Kabar baiknya, peningkatan bisa dipahami kian membaiknya kepercayaan perempyan terhadap lembaga concern dengan isu kekerasan perempuan.

Data CATAHU 2020 berasal dari Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (DP3AP2KB), Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A), lembaga non pemerintah (WCC dan LSM), rumah sakit, unit pelayanan perempuan dan anak (UPPA), dan pengadilan negeri. (*)

Bagikan