Mon. Apr 22nd, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Inilah 6 Bencana Alam Paling Mengintai Di Tanah Air, Termasuk Epidemi

1 min read

sedikitnya terdapat enam bencana alam paling berisiko terjadi di tanah air sepanjang 2020, tsunami menjadi ancaman tertinggi skala risikonya. ancaman lainnya ialah banjir, siklon, gempa bumi, kekeringan dan epidemi alias serangan wabah penyakit. foto ilustrasi angin puting beliung/foto dokumentasi BNPB via regional.kompas.com

Inilah 6 Bencana Alam Paling Mengintai Di Tanah Air, Termasuk Epidemi

angkaberita.id– Gunung Merapi di Jawa Tengah, Kamis (13/2/2020) kembali menunjukkan status keaktifannya dengan lima kali gempa dan guguran lava sepanjang pukul 00.00-06.00 WIB. Pun, terjadi erupsi dengan ketinggian kolom abu 2.000 meter dari puncak gunung.

Selain ancaman bencana gunung meletus, tanah air juga rentan terkena bencana alam lainnya, seperti tsunami, gempa bumi, banjir dan sebagainya. Tak heran, seperti ditulis Katadata mengutip Statista, angka kejadian dan atau potensi bencana alam di tanah air terhitung tinggi.

Negeri Gula Kelapa, ini juga berisiko tinggi terhadap bencana alam seperti tsunami, bahkan dalam indeks kebencanaan menjadi risiko tertinggi terjadi di tanah air pada 2020, dengan skor 9,7 poin dari 10 poin.

Selain tsunami, gempa bumi dan banjir menjadi ancaman terbesar selanjutnya di sekujur negeri, dengan indeks risikonya 8,9 dan 8,1 poin. Selanjutnya kekeriangan dan sejumlah bencana alam lainnya, termasuk epidemi atau penularan wabah penyakit. (*)

Bagikan