Sat. Apr 20th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Telkomsel Terbesar di Tanah Air, Operator Seluler China-India Dominasi Asia

1 min read

telkomsep per 2018 merupakan operator seluler dengan pengguna terbanyak di tanah air/foto via selular.id

Telkomsel Terbesar di Tanah Air, Operator Seluler China-India Dominasi Asia

angkaberita.id-Berdasarkan jumlah pengguna, Telkomsel mengutip laporan Katadata merupakan operator seluler paling banyak dipilih masyarakat. Per 2018, tercatat pengguna Telkomsel sebanyak 163 juta, pengguna prabayar maupun pascabayar.

Dengan perincian, masing-masing, 157,6 juta dan 5,4 juta pengguna. Indosat menempel di urutan selanjutnya dengan pengguna sebanyak 58 juta, terdiri 1,6 juta pengguna pascabayar dan 56,4 prabayar.

Menguntit keduanya ialah XL Axiata, dengan pengguna sebanyak 54,9 juta. Smartfren berada di urutan berikutnya, 12,27 pengguna. Selain menelepon, layanan di Telkomsel mencakup mobile voice, Short Message Service (SMS), mobile broadband, dan layanan digital. Begitu juga dengan operator lainnya.

Di Asia, berdasarkan data jumlah pengguna per 2015, China Mobile Phone berada di urutan pertama, dengan pengguna sebanyak 817 juta. China Unicom berada di peringkat selanjutnya dengan pengguna 289 juta.

Kemudian Bharti Airtel di India dengan pengguna sebanyak 231 juta. Mengunci di urutan empat dan lima besar, seperti ditulis Statista, ialah China Telecom dan Vodafone Essar, masing-masing, 191 juta dan 184 juta pengguna. Operator seluler China dan India mendominasi daftar 10 besar.

(*)

Bagikan