Sat. Jul 27th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Serangan Virus Corona: 7 Daerah Sumatera Kewaspadaan Tinggi, 3 Di Kepri

1 min read

serangan virus corona yang berjangkit di china mengakibatkan 19 daerah di tanah air masuk kewaspadaan tinggi, termasuk 3 daerah di kepri/foto tempo.co

Serangan Virus Corona: 7 Daerah Sumatera Kewaspadaan Tinggi, 3 Di Kepri

angkaberita.id – Menyusul kepastian virus corona dapat menyebar antarmanusia, Kementerian Kesehatan mengambil langkah drastis dengan menyiapkan semua daerah menetapkan rumah sakit rujukan jika ditemukan suspect penularan virus itu.

Sejumlah daerah di tanah air juga ditingkatkan status pengawasannya menjadi kewaspadaan tinggi, terutama daerah dengan penerbangan langsung dari China, baik darat, laut maupun udara.

“Diperketat pengawasannya,” tegas Direktur Survailans dan Karantina Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI, Vensya Sitohang, seperti dilanir detik.com, Rabu (22/1/2020). Setidaknya terdapat 19 daerah di tanah air dengan status kewaspadaan tinggi, 3 di antaranya berada di Provinsi Kepri.

Yakni, Tanjungpinang, Batam dan Tanjung Balai Karimun. Keseluruhan terdapat 7 daerah status kewaspadaan tinggi di Sumatera sekaligus terbanyak di tanah air. Selain tiga di Kepri, 4 lainnya ialah Jambi, Palembang, Bandar Lampung dan Padang.

Kementerian Kesehatan di 19 daerah itu, selain menyiapkan fasilitas kesehatan di pintu masuk, juga disediakan 860 set alat pelindung diri, 12 ribu masker dan 35 ribu Health Alert Card. Kementerian Kesehatan terus memantau kondisi di 19 daerah.

“Sekarang kita mengumpulkan semua informasi mengenai kondisi fasilitas kesehatan apakah membutuhkan tambahan fasilitas atau SDM,” kata Asral Hasan, Kasubdit Penunjang Pelayanan Kesehatan Rujukan Kementerian Kesehatan RI.

Mengantisipasi pandemi virus corona, Kementerian Kesehatan telah menyiagakan 100 rumah sakit rujukan di berbagai daerah, lengkap dengan sarana penunang penanganan kasus itu.

Bagikan